Dampak Buruk Sering Mematikan Mesin Skutik dengan Standar Samping

Kompas.com - 27/06/2022, 13:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Guna menekan risiko kelalaian pengguna, pabrikan sepeda motor kini telah menyematkan ragam fitur keselamatan pada produk matik atau skutik.

Salah satunya side stand switch pada standar samping, seperti yang tersemat pada skutik keluaran Honda dan Yamaha.

Bila standar samping diturunkan, otomatis akan membuat mesin motor mati. Hal ini karena ada bagian yang dikoneksikan dengan engine control unit (ECU) untuk memutus sistem pengapian secara otomatis. 

Sayangnya, banyak pengendara motor matik yang salah dalam penggunaannya. Karena justru menggunakan standar samping yang dilengkapi side stand switch untuk mematikan motor, bukan dengan memutar kunci kontak.

Baca juga: Tabrakan Beruntun Libatkan 17 Mobil di Tol Cipularang

Ilustrasi naik motor pakai sandal.SHUTTERSTOCK/CANETTI Ilustrasi naik motor pakai sandal.

Perlu diketahui, ada bagian sensor yang bisa mengalami kerusakan bila pengguna ceroboh dan asal mematikan mesin dengan cara yang salah. 

Kepala Bengkel Nusantara Sakti Penggaron Semarang Rofiudin mengatakan, salah kaprah soal penggunaan menyebabkan kerusakan pada komponen aki

"Tegangan aki jadi drop, usia pakai aki jadi lebih pendek biasanya 1,5 tahun sampai 2 tahun dengan kebiasan buruk berkendara tidak paham aturan buku pedoman pemilik aki cepat tekor," ucapnya kepada Kompas.com, Senin (27/6/2022). 

Demikian juga dikatakan Kepala Bengkel Yamaha Sentral Motor Fajar Buari, tanpa disadari kebiasaan buruk pengguna motor matik yang asal sembarangan mematikan mesin dengan standar samping bisa menyebabkan kerusakan pada ECU. 

Baca juga: Krisis Bahan Baku, Harga Ban Motor Bakal Melonjak

"Side stand switch memiliki sensor pemutus arus untuk menghentikan pasokan arus DC sebelum terdistribusi ke dalam kiprok," ujarnya. 

Fajar menjelaskan, arus DC dari aki motor terhubung ke kiprok untuk mengoperasikan bendix starter yang berfungsi memercikkan api untuk menyalakan mesin.

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

Sebaliknya, untuk memutus arus bila mesin motor hidup bisa memaksimalkan kinerja switch ON/OFF kunci motor atau yang ada di sensor side stand switch

"Fungsinya mematikan mesin otomatis sebagai fitur keselamatan berkendara.  Jika motor terjatuh, otomatis akan memutus arus supaya mencegah terjadinya kecelakaan fatal," katanya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.