Kakorlantas Jamin Penggantian STNK Akibat Perubahan Nama Jalan di Jakarta Gratis

Kompas.com - 27/06/2022, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Kakorlantas Polri) Inspektur Jenderal Firman Shantyabudi menyatakan bahwa penggantian STNK karena perubahan nama jalan di DKI Jakarta tidak dipungut biaya.

Ia akan mengeluarkan surat edaran terkait perubahan nama jalan yang kemudian ditunjukkan kepada jajaran Polri. Sehingga, masyarakat tidak akan terbebani oleh keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini.

"Kami dari pihak kepolisian sekali lagi tidak juga mewajibkan kepada rekan yang nanti tempat tinggalnya berganti terus ganti STNK bayar lagi, tidak karena mungkin saja bukan pak Gubernur DKI yang ada rencana ini," kata dia, Senin (27/6/2022).

Baca juga: Nama Jalan di 22 Wilayah Jakarta Berubah, STNK dan BPKB Wajib Diganti?

Ilustrasi lalu lintas kendaraan di London, Inggris.ITV.com/PA Ilustrasi lalu lintas kendaraan di London, Inggris.

Nantinya, ujar Firman lagi, Korlantas akan menyesuaikan dengan data kendaraan pada STNK warga terdampak perubahan nama jalan tersebut.

Namun, biaya ganti Biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada STNK yang dikenakan pada saat mengurus pajak 5 tahunan, dikecualikan dari kebebasan tarif dimaksud.

“Jangan sampai ada dikatakan kita menambah beban biaya masyarakat karena plat nomor saja saya sudah bilang seperti itu, bertahap nanti pergantian,” jelasnya.

"Nanti tahun kelima STNK itu habis pada saat ganti STNK baru dikenakan lagi ganti PNBP seperti yang berlaku seperti sekarang," tambahnya.

Baca juga: Update Wajib Punya BPJS Kesehatan untuk Urus Perpanjangan STNK

Ilustrasi tilangFoto: Polri Ilustrasi tilang

Firman pun menegaskan bahwa akan mendukung rencana Pemprov DKI Jakarta untuk mengganti 22 nama jalan di Ibu Kota yang diambil dari para tokoh-tokoh Betawi, seperti komedian Mpok Nori dan Haji Bokir.

Adapun rencana tersebut, telah diungkapkan Anies pada pekan lalu, 22 Juni 2022. Menurutnya, penggunaan tokoh Betawi sebagai nama jalan menjadi penanda kehadiran mereka di Jakarta.

"Izinkan saya dalam kesempatan ini menutup dengan rukunnya sebuah penetapan. Bismillahirrahmanirrahim Senin, 22 Juni 2022 peresmian penetapan nama jalan, gedung, zona dengan nama tokoh Betawi, dengan nama tokoh Jakarta di Provinsi DKI Jakarta secara resmi dibuka," kata Anies.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.