Kompas.com - 25/06/2022, 16:42 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Pendingin udara atau Air Conditioner (AC) pada mobil, sudah menjadi fitur wajib untuk meningkatkan kenyamanan.

Namun demikian, tak sedikit pemilik mobil yang masih asal saat mengoperasikannya. Paling sederhana soal etika saat mematikan dan menghidupkan AC.

Penting diketahui, untuk menghindari adanya kerusakan, baik pemilik mobil mengerti lebih dulu soal aturan dalam mengoperasikan AC.

Baca juga: Pengguna Mobil Diesel, Jangan Sepelekan Bila Indikator Ini Menyala

Foreman Nissan Setiabudi Semarang Wisnu Wardhana mengatakan, kebiasaan buruk mematikan atau menyalakan AC, bisa mempengaruhi usia pakai komponen. 

"Untuk jangka waktu panjang bisa memperpendek usia kompresor AC maupun magnetik clutch-nya," ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (25/6/2022). 

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

Tak hanya itu, menurut Wisnu, kebiasaan menyalakan AC saat mobil sedang melaju di kecepatan tinggi juga bisa berdampak fatal.  

"Kompresor AC dan magnetic clutch bila dinyalakan putaran mesin tinggi akan menanggung beban berat," ujarnya. 

Meski demikian, ketika pengendara sedang melewati tanjakan terjal, dan mobil terasa berat, bisa diakali dengan mematikan AC guna mengurangi beban kerja mesin.

Baca juga: Seberapa Fatal Ketika Mobil Diesel Salah Isi Bahan Bakar?

Ilustrasi AC MobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC Mobil

Dengan mematikan AC, hal tersebut juga diklaim dapat mengurangi risiko terhadap kerusakan bagian kompresor. 

"Jika masuk di gigi yg paling rendah masih kehilangan tenaga, mungkin salah satu cara memang mengurangi beban mesin . Bisa jadi dengan mematikan ac nya," tuturnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.