Pengguna Mobil Diesel, Jangan Sepelekan Bila Indikator Ini Menyala

Kompas.com - 25/06/2022, 12:42 WIB

 

SEMARANG, KOMPAS.com - Bagi pengguna mobil diesel, kadang sering menemui indikator filter Solar yang menyala saat sedang berkendara atau ketika awal menghidupkan mobil.

Kondisi tersebut terjadi lantara ada masalah pada filter Solar. Salah satu penyebabnya yang sering terjadi adalah karena kadar air yang penuh sehingga membuat water sedimeter tak bisa lagi melakukan pemisahan.

Bicara masalah ini, Foreman Nissan Setiabudi Semarang Wisnu Wardhana menjelaskan, percikan air bercampur lumpur terhisap water separator. Otomatis, saringan bahan bakar akan mendeteksi adanya risiko filter tersumbat. 

Baca juga: ESDM, Pertamina, dan PLN Gotong Royong Percepat Konversi Motor Listrik

"Ada uap air atau air yang masuk filter solar sehingga memberi sinyal untuk mengaktifkan lampu indikator di meter cluster," ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (24/6/2022). 

Contoh filter solar pada mesin diesel- Contoh filter solar pada mesin diesel

Wisnu mengatakan, fungsi utama dari filter solar mendistribusikan aliran bahan bakar ke injektor. Jika sedikit saja terhambat, efeknya menghambat suplai solar masuk pompa common rail. 

"Karena populasi masyarakat menggunakan BBM subsidi, kandungan sulfur berisiko sebabkan injektor mampet," ujarnya. 

Untuk gejalanya sendiri, paling signifikan tarikan mesin yang berubah jadi lemot. Pergantian komponen filter Solar ini dianjurkan pada jarak maksimal 10.000 kilometer (Km).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.