Kompas.com - 24/06/2022, 17:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa produsen mobil memiliki jajaran produk dengan transmisi otomatis tiptronic.

Fitur tersebut dapat membuat pengemudi seakan mengendarai mobil transmisi manual, alias perpindahan giginya bisa dilakukan secara manual.

Pemilik bengkel Worner Matic Hermas Efendi Prabowo menjelaskan, tiptronic merupakan fitur yang didesain produsen untuk menciptakan sensasi berkendara seperti halnya mobil manual.

Baca juga: Juli 2022, Pertamina Rencanakan Uji Coba Beli Pertalite via Aplikasi

"Jadi, kalau kita biasa pakai mobil manual, kan kita suka oper-oper gigi ya. Ketika ada tiptronic, kita juga bisa merasakan sensasi itu," ucap Hermas saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/6/2022).

Interior Toyota Raize GR Sport Non-TSSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Interior Toyota Raize GR Sport Non-TSS

Hermas menjelaskan, pada mobil transmisi tiptronic, waktu perpindahan gigi dijalankan secara konvensinal, baik melewati tuas transmisi atau paddle shift. Otomatis hal tersebut memberikan sensai mengendarai mobil manual.

Perbedaan antara mobil transmisi tiptronic dengan mobil transmisi matik bisa dilihat dari tuas transmisinya.

"Biasanya, (transmisi tiptronic) ditandai dengan tanda plus atau min di samping tuas itu. Atau, bisa juga paddle shift-nya untuk tiptronic ditaruh di belakang kemudi, di belakang setir, tergantung desainnya," ucap Hermas.

Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.Kompas.com/Alsadad Rudi Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.

Baca juga: Mobil Listrik Mungil Lagi Tes Jalan, DFSK FenGuang Mini EV?

Fitur ini memiliki banyak keunggulan. Hermas menjelaskan, tiptronic memungkinkan pengemudi untuk memindahkan atau menurunkan gigi transmisi sesuai dengan keinginan. Berbeda dengan matik, yang perpindahannya berjalan secara otomatis.

"Meskipun tiptronic ini digerakkan secara manual, tuas atau paddle shift-nya, tapi dia berbeda dengan manual. Kalau manual, kita harus menginjak pedal kopling, baru bisa pindah (gigi). Kalau yang matik enggak, tinggal menggeser tuas," ucap Hermas.

Ini yang membuat mobil dengan fitur tiptronic mirip dengan transmisi manual. Karena pada mobil matik biasa, Hermas menjelaskan perpindahan giginya didesain oleh sistem yang ada di komputer.

Baca juga: Jangan Salah, Begini Teknik Pakai Dongkrak Mobil yang Benar

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.