Kompas.com - 24/06/2022, 12:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang beranggapan spooring merupakan obat yang mujarab untuk menyembuhkan penyakit kaki-kaki pada mobil. Padahal itu kurang tepat, sebab justru menjadi semacam antibodi agar kaki-kaki sehat.

Maka dari itu banyak orang mengeluh, sudah melakukan spooring sampai pindah-pindah tempat tapi masalah yang dikeluhkan tidak sembuh juga.

Kondisi ini menandakan bahwa spooring memang bukan obat masalah kaki-kaki secara mutlak, melainkan hanya sebagai upaya menjaga keawetan.

Memang mungkin saja bisa terjadi, kaki-kaki semua masih bagus tapi hanya karena sudut-sudut penyelarasan mobil tidak tepat menimbulkan ketidaknyamanan saat berkendara. 

Baca juga: Jangan Salah, Ini Bedanya Spooring dan Balancing

Bengkel DaihatsuADM Bengkel Daihatsu

Service Manager Setiawan Spooring Rudy Antono mengatakan memang perlu dilakukan pengecekan kaki-kaki secara menyeluruh sebelum dilakukan spooring.

“Part sebaiknya dalam kondisi sempurna, walau kadang masih ada toleransi setelah melakukan pengecekan. Jadi di kami tidak serta merta langsung melakukan spooring, karena itu belum tentu menyelesaikan masalah utamanya. Ini sudah menjadi rules di kami demi tercapainya kepuasan pelanggan,” ucap Rudy kepada Kompas.com, Rabu (22/6/2022).

Hal itu menandakan, bahwa kondisi kaki-kaki yang prima menjadi syarat yang harus dipenuhi sebelum mobil menjalani proses spooring. Mulai memeriksa peredam kejut, rack steer, link arm, kondisi ban dan lain sebagainya.

Ilustrasi mekanik mengecek mobil di bengkel Mitsubishi. Dok. MMKSI Ilustrasi mekanik mengecek mobil di bengkel Mitsubishi.

Selain itu, Rudy juga mengatakan bahwa spooring perlu diiringi dengan balancing dan finish balancing agar hasilnya memuaskan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.