Bahas Kenyamanan Berkendara di Balik Kemudi Daihatsu New Sirion

Kompas.com - 24/06/2022, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu New Sirion yang sudah diluncurkan pada awal Juni 2022 langsung diajak menjelajah Sulawesi Utara. Tepatnya, di sekitar Kota Manado.

New Sirion hadir dengan beberapa ubahan. Termasuk ubahan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Untuk bisa merasakannya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar Journalist Test Drive Daihatsu New Sirion, mulai Selasa, 21 Juni 2022, hingga Kamis, 23 Juni 2022.

Baca juga: Bukan Hanya Soal Harga, Ini Alasan Daihatsu New Sirion Tanpa Fitur ASA

Untuk pengetesan ini, Daihatsu menyediakan New Sirion tipe tertinggi, yakni R CVT. Test driver Kompas.com yang mencobanya memiliki tinggi badan 157 cm dan berat 60 kg. Dengan postur tersebut, tidak ada kendala yang dirasakan dalam hal posisi berkendara.

Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Daihatsu New Sirion

Kursi yang disediakan cukup nyaman, dengan model semi bucket seat terasa menopang punggung dengan baik. Kursinya masih dilapisi dengan material fabric.

Tidak sulit untuk mendapatkan posisi berkendara yang ergonomis. Sebab, kursinya juga bisa diatur tinggi dan rendah serta maju dan mundurnya.

Baca juga: Alasan Daihatsu Pilih Mesin 1.3 L pada New Sirion

Begitu pula dengan setirnya, sudah memiliki kemampuan Tilt alias bisa diatur tinggi dan rendah posisinya. Setinya juga nyaman digenggam, karena dilapisi dengan material kulit.

Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Daihatsu New Sirion

Ruang kaki atau leg room juga cukup lega. Lalu, dari posisi duduk, akses untuk mengoperasikan head unit atau tombol pengaturan AC yang ada di konsol tengah juga tidak terhalang.

Soal visibilitas, pandangan ke bagian depan atau ke spion kanan dan kiri juga cukup baik. Pilar A yang ada di bagian depan juga dirasa tidak mengganggu.

Test drive Daihatsu New SirionDok. ADM Test drive Daihatsu New Sirion

Sedangkan penumpang yang ada di bagian belakang, ruang yang disediakan oleh Daihatsu juga cukup lapang. Ruang kaki dan ruang kepala juga masih ada cukup jarak dan tidak terkesan sempit.

Namun, suspensi yang dimiliki oleh New Sirion ini terasa cukup kaku untuk penumpang di bagian belakang. Pada pengetesan kali ini, New Sirion juga diisi oleh empat orang dewasa dan beberapa tas bawaan.

Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Daihatsu New Sirion

Saat mobil melewati permukaan jalan yang rusak, suspensi belakang terasa mentok. Kondisi ini tentu membuat penumpang yang ada di baris kedua menjadi kurang nyaman. Apalagi, jika harus menempuh perjalanan yang jauh.

Selain tipe R CVT, Daihatsu New Sirion juga hadir tipe X CVT dengan banderol yang lebih murah. Untuk X CVT, harganya Rp 227,6 juta (OTR Jakarta). Sedangkan R CVT, harganya Rp 236,8 juta (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.