Kompas.com - 24/06/2022, 09:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang ada beberapa di antara pemilik mobil merasa melakukan spooring itu tidak perlu sering, apalagi mobil juga jarang dipakai untuk menempuh jarak yang jauh.

Secara, mana mungkin mobil mengalami kerusakan jika dipakainya saja pelan dan jarang dipakai bepergian jauh.

Secara logika, hal itu tidak akan membuat mobil mengalami kerusakan. Jadi wajar saja jika beberapa orang beranggapan melakukan spooring itu tidak perlu sering-sering.

Namun, konsepnya tidak seperti itu, setiap mobil memang perlu melakukan spooring secara berkala, bahkan ada bengkel yang menyarankan untuk melakukan spooring setiap melakukan servis.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Bedanya Spooring dan Balancing

Sudut kemiringan roda mobil alias cemberViarohidinthea.com Sudut kemiringan roda mobil alias cember

Hal ini dikarenakan, kendaraan membutuhkan penyetelan ulang setiap sudut-sudut seperti camber, caster dan toe ke dalam standarnya. Sudut-sudut tersebut faktanya memang dapat berubah seiring pemakaian.

Nah, di saat melakukan spooring itulah data sudut-sudut tersebut dapat dilihat dan bisa menjadi bukti bahwa perubahan itu ada.

Jika sudut-sudut tersebut berubah, maka solusinya adalah melakukan penyetelan ulang, atau istilahnya diselaraskan sesuai ketentuan pabrik.

Service Manager Setiawan Spooring Rudy Antono mengatakan, spooring perlu dilakukan secara rutin sebagai upaya perawatan agar kendaraan senantiasa aman dan nyaman saat dikendarai, serta ban tidak cepat aus.

Baca juga: Rutin Spooring dan Balancing Tidak Ampuh Cegah Setir Mobil Speleng

Interior All New Subaru Forester S-EyeSightKompas.com/Donny Interior All New Subaru Forester S-EyeSight

“Sudut-sudut (yang dicek pada proses spooring) itu bisa berubah seiring pemakaian, seperti karena ada part yang aus, setelah menghantam jalan yang tidak rata seperti lubang atau benjolan, bahkan baru seminggu setelah spooring terus kena lubang cukup keras pun dapat mengubah sudut-sudut tersebut,” kata Rudy kepada Kompas.com Rabu (22/6/2022).

Jadi, memang spooring perlu dilakukan secara berkala. Jika tidak, pengguna tidak akan pernah tahu seperti apa kondisi sudut-sudut tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.