Kompas.com - 23/06/2022, 16:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat melihat kejadian seperti lampu sein menyala tidak sesuai penggunaan, atau kendaraan menyerempet, seringkali orang berasumsi bila pengemudinya adalah wanita.

Demikian juga dalam beberapa kejadian yang viral di sosial media dan melibatkan pengemudi wanita, tak jarang langsung mendapat sorotan dan komentar pedas. 

Padahal dalam kenyataan berkendara sehari-hari, baik kaum hawa dan adam tak ada yang lebih baik atau lebih tidak ceroboh. Artinya, siapa saja bisa mengemudikan mobil dengan syarat sudah memenuhi standar, mengerti operasional, dan paham aturan berlalu lintas. 

Baca juga: Viral, Video Konvoi Pajero Dikawal Mobil Polisi Terobos Macet

Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan, ada beberapa perbedaan antara pengemudi pria dan wanita.

Menurut Sony, dari segi tingkat bahaya pengemudi mobil pria justru bisa lebih fatal dari wanita.

"Pengemudi wanita tingkat bahayanya lebih kecil namun sering menimbulkan kebingungan," ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pengemudi Wanita Rawan Jadi Target Kejahatan

Pengemudi wanita dikatakan lebih defensif, sementara pria lebih agresif. Sehingga, tingkat risikonya lebih besar.

Namun dalam kondisi berkendara, pengemudi pria lebih berani. Sementara wanita meski bisa dibilang lebih minim fatalitas kecelakaannya, tapi sering mengalami kejadian kecil yang berbahaya.

Ilustrasi berkendara.unsplash.com/Viktor Bystrov Ilustrasi berkendara.

Misal, kerap ragu-ragu dalam mengemudi sehingga arah kendaraan tidak konsisten dan membingungkan pengguna jalan yang lain. Kejadian ini sebenarnya sangat umum ditemui, seperti mobil terserempet akibat tidak yakin saat bermanuver.

Baca juga: Beli Pertalite Pakai Aplikasi MyPertamina Dimulai Agustus 2022?

Sementara soal anggapanpengemudi wanita lebih rentan kecelakaan, bisa dibilang hal tersebut tek sepenuhnya benar.

Tetap ada perbedaan cara berkendara di antara wanita dan pria, namun perbedaan tersebut tidak bisa jadi alasan konkret pengemudi wanita lebih rentan mengalami kecelakaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.