Kompas.com - 22/06/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) percaya diri bahwa ekspor kendaraan bermotor dari Indonesia akan terus berada dalm tren positif, khususnya tahun ini.

Alasannya, seiring dengan membaiknya iklim perekonomian global dan layanan kepelabuhan atau pengkapalan di dalam negeri. Sehingga, target sebesar 300.000 unit dapat tercapai.

Saat ini ekspor otomotif dari berbagai merek di bawah naungan Gaikindo rata-rata dilakukan dari Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang dikelola oleh PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk atau dikenal dengan nama IPCC.

Baca juga: Ekspor Mobil Buatan Indonesia Melambat di Mei 2022

Ilustrasi ekspor mobil.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Ilustrasi ekspor mobil.

“Pengelola pelabuhan di Priok (IPCC) pelayanannya semakin bagus dari banyak hal,” kata Sekertaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara, Selasa (21/6/2022).

Lebih jauh, ia mengatakan bahwa dari kacamata industri, kegiatan ekspor akan lebih efisien jika dilakukan dari pelabuhan terdekat. Hal terkait juga bergantung para perusahaan perkapalan, kapalnya mau bersandar di mana.

Para produsen otomotif, hanya berperan sebagai pengguna jasa. Sementara itu rute kapal misalnya ke Singapura, Timur Tengah atau yang lain ditentukan oleh perusahaan pelayaran.

Sehingga peran pengelola pelabuhan dinilai penting sehingga kapal-kapal berukuran besar bisa melayani ekspor dengan volume yang besar dari Indonesia.

Baca juga: Bocoran Mobil Baru, Honda Masih Simpan Informasi

Ilustrasi ekspor mobil Toyotadok.TMMIN Ilustrasi ekspor mobil Toyota

Ketua Kadin Bidang Industri Johnny Darmawan Danusasmita menilai, mengalihkan ekspor dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain bukan perkara mudah sebab ekspor kendaraan bermotor juga bergantung kepada shipping company yang melayani.

“Yang penting sekarang adalah bagaimana pelabuhan itu efisien,” kata Johnny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.