Kompas.com - 03/06/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki merupakan salah satu komponen kendaraan yang kondisinya harus tetap prima agar bisa digunakan secara optimal. Sebab, aki menjadi sumber utama saat menghidupkan mesin mobil.

Jika aki mobil habis, maka yang terjadi pemilik mobil harus melakukan jumper atau mendorong mobil agar bisa menyala.

Maka dari itu, untuk menjaga performa tetap stabil, pemilik kendaraan wajib memperhatikan perawatan dan ketika akan melakukan pergantian aki.

Bagi pemilik mobil yang akan melakukan pergantian, ada baiknya memilih jenis aki yang sesuai dengan kendaraan. Pasalnya, jika kurang tepat dapat membuat pasokan arus listrik mobil terganggu.

Baca juga: Mitsubishi Hadirkan Produk Unggulan di IIMS Surabaya 2022

“Penggunaan aki yang tidak sesuai dapat berimbas pada komponen elektrik lainnya. Parahnya lagi bisa memperpendek usia komponen kelistrikan. Itu sebabnya, memilih aki mobil harus sesuai dengan spesifikasi kendaraan,” ucap Ivan Sebastian, owner dari Cakra Motor 11, belum lama ini kepada Kompas.com.

Saat ini, ada bermacam-macam produsen yang menawarkan harga mobil yang beragam. Harga tersebut disesuaikan dengan spesifikasi dan daya kemampuan aki.

Ilustrasi pemasangan aki mobilKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi pemasangan aki mobil

Umumnya ada dua jenis aki yang tersedia di pasaran, yakni aki kering dan aki basah. Pada dasarnya semua jenis aki (kering dan basah) tetap menggunakan cairan elektroda (biasa disebut air aki). Namun, pada jenis aki kering, cairan lebih padat dan berbentuk gel.

Sedangkan basah biasanya membutuhkan perawatan rutin, berbeda dengan aki kering yang sifatnya bebas perawatan atau maintenance free (MF).

Jika Anda ingin aki mobil yang tidak membutuhkan perawatan maka aki mobil free maintenance atau yang biasa disebut aki kering bisa menjadi pilihan. Namun, jika Anda lebih senang merawat manual aki mobil, maka aki basah bisa menjadi pilihan.

Baca juga: Penyakit Kronis di Jalan, Pengendara Motor yang Lawan Arus

Bagi yang sedang berencana membeli aki mobil dan mencari daftar harga aki mobil, tim redaksi sudah menyiapkan untuk Anda. Berikut harga aki mobil per Juni 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.