Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Formula E Puji Mulusnya Kualitas Sirkuit Ancol

Kompas.com - 10/06/2022, 16:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang gelaran Formula E Jakarta yang berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu (4/6/2022) lalu, terbilang sukses.

Balap mobil listrik pertama yang dihelat di Tanah Air itu pun mendapat sanjungan dari Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo. Bahkan Longo mengatakan, Formula E seri Jakarta menjadi salah satu balapan merupakan yang terbaik dalam sejarah.

Desain sirkuit JIEC di Ancol pun tak terlepas dari komentar Longo. Ia begitu salut dengan penyelesaian pekerjaan trek yang begitu cepat tanpa mengurangi kualitas.

Baca juga: Jakarta E-Prix Disebut Jadi Salah Satu Seri Terbaik dalam Sejarah

“Saya tidak pernah melihat pekerjaan semulus di Jakarta, kami tidak pernah terlambat, kami malah selalu lebih cepat dari jadwal yang sudah ditentukan. Kami juga tidak menemukan adanya masalah yang besar,” ucap Longo, saat konferensi pers secara virtual, Kamis (9/6/2022).

Suasana pembangunan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Ancol, Jakarta, Rabu (11/5/2022). Pembangunan lintasan sirkuit JIEC sudah mencapai 100 persen dan menyisakan penyelesaian infrastruktur pendukung seperti grandstand dan jembatan penyeberangan yang ditargetkan selesai pada akhir pekan ketiga Mei.ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso Suasana pembangunan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Ancol, Jakarta, Rabu (11/5/2022). Pembangunan lintasan sirkuit JIEC sudah mencapai 100 persen dan menyisakan penyelesaian infrastruktur pendukung seperti grandstand dan jembatan penyeberangan yang ditargetkan selesai pada akhir pekan ketiga Mei.

Adapun untuk balapan mobil listrik di musim depan, Longo melanjutkan, tidak perlu perubahan drastis di sirkuit Ancol saat ada penggunaan mobil listrik generasi baru.

“Untuk Jakarta tidak perlu (perubahan), karena kami mendesain sirkuit ini dengan pertimbangan kelahiran mobil Gen 3 dan Gen 4. Jadi sirkuit Ancol sudah dirancang untuk dua generasi mobil mendatang,” kata dia.

Baca juga: Ini Batas Kecepatan Berkendara di Jalan Tol Agar Tak Kena Tilang Elektronik

Meski begitu, menurut Longo, tetap ada akan perubahan yang bersifat minor agar balapan bisa berjalan dengan menarik dan menantang.

“Treknya tidak ada masalah, tapi mungkin ada perubahan kecil agar tim tidak menggunakan strategi yang sama seperti musim ini. Harus ada sedikit tantangan, agar balapan jadi lebih menarik,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com