Kompas.com - 10/06/2022, 16:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang gelaran Formula E Jakarta yang berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu (4/6/2022) lalu, terbilang sukses.

Balap mobil listrik pertama yang dihelat di Tanah Air itu pun mendapat sanjungan dari Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo. Bahkan Longo mengatakan, Formula E seri Jakarta menjadi salah satu balapan merupakan yang terbaik dalam sejarah.

Desain sirkuit JIEC di Ancol pun tak terlepas dari komentar Longo. Ia begitu salut dengan penyelesaian pekerjaan trek yang begitu cepat tanpa mengurangi kualitas.

Baca juga: Jakarta E-Prix Disebut Jadi Salah Satu Seri Terbaik dalam Sejarah

“Saya tidak pernah melihat pekerjaan semulus di Jakarta, kami tidak pernah terlambat, kami malah selalu lebih cepat dari jadwal yang sudah ditentukan. Kami juga tidak menemukan adanya masalah yang besar,” ucap Longo, saat konferensi pers secara virtual, Kamis (9/6/2022).

Suasana pembangunan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Ancol, Jakarta, Rabu (11/5/2022). Pembangunan lintasan sirkuit JIEC sudah mencapai 100 persen dan menyisakan penyelesaian infrastruktur pendukung seperti grandstand dan jembatan penyeberangan yang ditargetkan selesai pada akhir pekan ketiga Mei.ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso Suasana pembangunan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Ancol, Jakarta, Rabu (11/5/2022). Pembangunan lintasan sirkuit JIEC sudah mencapai 100 persen dan menyisakan penyelesaian infrastruktur pendukung seperti grandstand dan jembatan penyeberangan yang ditargetkan selesai pada akhir pekan ketiga Mei.

Adapun untuk balapan mobil listrik di musim depan, Longo melanjutkan, tidak perlu perubahan drastis di sirkuit Ancol saat ada penggunaan mobil listrik generasi baru.

“Untuk Jakarta tidak perlu (perubahan), karena kami mendesain sirkuit ini dengan pertimbangan kelahiran mobil Gen 3 dan Gen 4. Jadi sirkuit Ancol sudah dirancang untuk dua generasi mobil mendatang,” kata dia.

Baca juga: Ini Batas Kecepatan Berkendara di Jalan Tol Agar Tak Kena Tilang Elektronik

Meski begitu, menurut Longo, tetap ada akan perubahan yang bersifat minor agar balapan bisa berjalan dengan menarik dan menantang.

“Treknya tidak ada masalah, tapi mungkin ada perubahan kecil agar tim tidak menggunakan strategi yang sama seperti musim ini. Harus ada sedikit tantangan, agar balapan jadi lebih menarik,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.