Kompas.com - 08/06/2022, 15:12 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendarai sepeda motor tidak hanya membutuhkan kemampuan berkendara saja. Ada etika yang wajib diterapkan agar aman saat di jalan raya.

Namun masih banyak pengendara mengendarai motor dengan satu tangan. Padahal, kebiasaan ini berbahaya dan mengancam keselamatan berkendara.

Baca juga: Terlibat Kecelakaan Jangan Kabur, Tabrak Lari Kena Pasal Kejahatan

Mengendarai satu tangan berpotensi alami kecelakaan yang tinggi. Misalnya ketika berkendara melewati jalanan yang jelek, dengan mengandalkan satu tangan, keseimbangan pengendara motor jadi mudah hilang dan akhirnya terjatuh.

Menurut Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, pengendara yang kerap mengandalkan satu tangan saat naik motor dikarenakan rasa percaya dirinya yang terlalu tinggi.

Ilustrasi pengendara motor wanitaSHUTTERSTOCK Ilustrasi pengendara motor wanita

“Percaya diri mereka berlebihan disebabkan karena keterampilan mereka yang sudah meningkat. Namun ini datangnya bukan dari pengetahuan sehingga tidak didasari kemampuan tentang bahaya dan risikonya,” ucap Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

Jusri menjelaskan, pengendara yang mengandalkan satu tangan biasanya dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman.

Baca juga: Tak Terima Ditilang, Sopir Pikap Malah Tantang Polisi Berduel

 

Tetapi, jika dilihat dari kebiasaan, pengetahuan mereka hanya berdasarkan pengalaman, jadi tidak punya soft skill.

“Jika tidak diawali dari pengetahuan, mereka tidak menyadari tentang bahaya atau risikonya. Kalau didasari dengan pengetahuan, maka dia punya kemampuan pengkajian risiko yang tinggi,” kata Jusri.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.