Jangan Keliru, Ini Arti Warna pada Rambu Penunjuk Jalan

Kompas.com - 08/06/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat berkendara, pengguna jalan akan menjumpai berbagai rambu lalu lintas.

Berdasarkan fungsi, rambu lalu lintas dibagi menjadi empat, yaitu fungsi peringatan, larangan, perintah, serta petunjuk bagi pengguna jalan.

Agar berkendara tetapa nyaman dan aman, setiap pengemudi kendaraan wajib mengenali arti dari setiap rambu lalu lintas.

Rambu lalu lintas juga memiliki fungsi lain berdasarkan warna. Pada jalan non-tol, rambu penunjuk jalan yang umum ditemui berwarna hijau dan biru.

Baca juga: Biar Aman, Ini Cara Parkir Mundur Mobil yang Baik

Rambu penunjuk jalan tulisan warna putih dan kelir dasar hijau atau biru akan mudah ditemui saat mendekati gerbang tol yang mana memberikan informasi nama daerah.

Aturan warna rambu-rambu lalu lintas tidak sembarangan, karena diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2014 tentang Rambu Lalu Lintas bagian kelima tentang Rambu Petunjuk.

Rambu jaga kecepatan di jalan tol dan diawasi CCTVDOK. JASA MARGA Rambu jaga kecepatan di jalan tol dan diawasi CCTV

Pertama, ada rambu petunjuk dengan warna dasar hijau yang bermakna petunjuk informasi suatu kota atau wilayah.

Rambu ini dipasang sebelum kota atau wilayah yang tertulis pada papan rambu. Pengemudi juga masih bisa memilih, jika akan memasuki kota tersebut untuk dijadikan rute perjalanan atau tidak sama sekali.

Baca juga: Kendala Besar Kendaraan Listrik, Harga Lithium Makin Mahal

Kedua, rambu petunjuk dengan warna dasar biru dengan makna sebagai perintah. Nama lokasi yang tercantum di papan tersebut berarti jalur yang dipilih pengemudi akan langsung mengarah ke lokasi.

Kemudian, ada warna lain yang memiliki makna hampir sama dengan rambu petunjuk warna hijau. Perbedaannya, rambu dengan warna coklat biasanya merupakan petunjuk tempat wisata.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.