Catat, Tarif 18 Ruas Tol Bakal Naik Tahun Ini

Kompas.com - 08/06/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan sinyal  puluhan ruas jalan tol yang mengalami penyesuaian alias kenaikan tarif pada 2022.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala BPJT PUPR Danang Parikesit. Ia mengatakan, setidaknya ada 18 ruas jalan tol yang akan mengalami penyesuaian tarif di tahun 2022.

Menyusul 12 ruas tol lainnya yang telah dinaikkan tarifnya sepanjang hingga Kuartal I-2022, dari total 30 ruas tol yang direncanakan.

Penyesuain tarif ini sudah termasuk dengan yang telah diberlakukan pada pertengahan tahun ini.

"Ada beberapa yang baru kita ajukan ke Pak Menteri (PUPR). Tahun ini cukup banyak, lebih dari 30 ruas kira-kira yang mengalami tarif adjustment," ujar Danang dikutip dari Kompas.com, Selasa (7/6/2022).

Baca juga: Kendala Besar Kendaraan Listrik, Harga Lithium Makin Mahal

Danang belum merinci tol mana saja yang bakal mengalami kenaikan tahun ini. Kendati demikian, ia menyampaikan penyesuaian tarif ini bakal dilakukan secara bertahap.

Ini sejalan dengan peningkatan kebijakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang diatur Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Jalan Tol Jagorawi, merupakan salah satu tol yang dikelola oleh PT. Jasa MargaJasa Marga Jalan Tol Jagorawi, merupakan salah satu tol yang dikelola oleh PT. Jasa Marga

"Dalam Undang-Undang (UU) itu kan yang baru diamandemen ditekankan betul dari DPR bahwa SPM harus jadi perhatian buat kita. Jadi SPM akan lebih ketat," kata dia.

Adapun untuk penyesuaian tarif tol ini tidak hanya berlaku di Pulau Jawa, tetapi juga di Pulau Sumatera, Kalimantan, Bali, serta Sulawesi.

Kenaikan tarif nantinya bakal tetap mempertimbangkan kondisi perekonomian di masing-masing daerah. Terutama dengan memperhatikan angka inflasi di daerah tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.