Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biar Aman, Ini Cara Parkir Mundur Mobil yang Baik

Kompas.com - 07/06/2022, 18:51 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Parkir mobil dengan posisi mundur, mungkin menjadi salah satu momok menakutkan bagi sebagian orang. Apalagi bagi pengemudi pemula.

Harus diakui, mengemudi posisi mundur menuntut pengendara ekstra waspada terhadap situasi sekitar.

Lantas, bagaimana posisi yang benar jika harus mundur untuk parkir atau mengalah di lokasi sempit. Apakah lebih aman mengandalkan spion atau menoleh ke belakang?

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consulting Indonesia mengatakan, posisi mengemudi mundur perhatian utama adalah fokus memastikan titik reference point dengan mengandalkan tiga buah spion mobil.

Baca juga: Naik Rp 11 Jutaan, Ini Bocoran Harga Suzuki Ertiga Hybrid

"Blind spot saat posisi mundur sangat besar, justru posisi tersebut rawan terjadi low impact accident. Dengan begitu, sebaiknya saat mengemudi mundur sah-sah saja jika menoleh ke belakang," ujar Sony kepada kompas.com, belum lama ini. 

Mobil Dinas Pemprov Riau di lokasi parkiran gedung daerah pemerintah Provinsi RiauDok Pemprov Riau Mobil Dinas Pemprov Riau di lokasi parkiran gedung daerah pemerintah Provinsi Riau

Sony juga menyarankan, saat posisi mundur pengemudi  harus memanfaatkan fitur kamera atau sensor parkir untuk mengurangi risiko blind spot

"Karena posisi mundur blind spot sangat besar, apalagi pengguna jenis sedan. Bahkan anak usia 5-6 tahun bisa tidak termonitor dari dalam kabin," ucapnya. 

Khusus pengemudi mobil matik, lanjut Sony, saat parkir pastikan kaki hanya menekan pedal rem saja.

Baca juga: Sering Diremehkan, Ini Bahaya Krikil yang Bersarang di Alur Ban

Menginjak gas pada mobilPokPak05 Menginjak gas pada mobil

Jika memang pengemudi membutuhkan injakan pedal gas, disarankan untuk menginjak secara perlahan. 

"Banyak pengendara mobil matik tidak sadar bahwa yang dinjaknya adalah pedal gas. Untuk itu saat berada di lokasi parkir mesti lebih waspada," tuturnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com