Kompas.com - 06/06/2022, 19:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Model bus saat ini terus mengikuti perkembangan zaman. Salah satu hal yang berubah dari bus lama adalah jumlah wiper depan yang sekarang bertambah.

Dulu, wiper depan hanya ada dua dan posisinya di bawah. Sedangkan sekarang, ada tambahan satu wiper yang letaknya di atas bando ataupun di pasang di atas kaca depan untuk bodi single glass.

Mengingat zaman sekarang bus semakin tinggi dimensinya. Selain itu, dek atau lantai bus juga semakin tinggi demi mendapatkan bagasi yang lega.

Jadi posisi wiper ketiga yang ada di atas bisa membersihkan pandangan penumpang ke depan.

Baca juga: Update Bus Tingkat Lorena, Masih Proses Pembuatan

Bus AKAP baru PO PrimadonaDOK. NEW ARMADA Bus AKAP baru PO Primadona

Lalu, dengan adanya wiper tambahan tersebut, apa memang diperlukan?

Deddy Hermawan, Development Design Karoseri New Armada mengatakan, menurutnya tambahan wiper ini tergantung dari fungsi bus tersebut, apakah sebagai unit pariwisata atau AKAP.

"Kalau untuk bus pariwisata sepertinya perlu, karena untuk view pwnumpang. Tapi kalau bus AKAP, kurang perlu wiper ketiga," ucap Deddy kepada Kompas.com, Senin (6/6/2022).

Baca juga: Kesalahan Fatal Aleix Espargaro, Mengira Balapan Sudah Selesai


Bus pariwisata memang beroperasi sesuai dengan pesanan penyewa. Selain itu, dengan adanya wiper, penumpang bisa leluasa lihat ke luar.

"Bus AKAP kenapa kurang perlu, karena penumpang pada tidur, apalagi yang AKAP malam," kata Deddy.

Sayangnya, tambahan wiper di atas ini sebenarnya tidak terlalu efektif menyapu air seperti yang ada di bawah. Mengingat kebanyakan karoseri hanya menggunakan satu batang wiper, bukan dua seperti yang di bawah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.