Pria Ini Touring Keliling Eropa Buat Bantu Sekolah di Indonesia Timur

Kompas.com - 06/06/2022, 18:51 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua tahun Covid-19 membuat kegiatan aktivitas luar ruangan sempat terhenti. Hal ini cukup menyiksa terutama buat penggemar touring yang suka naik motor jarak jauh.

Hal itu pun dirasakan oleh Abi Tri Hutomo yang merasa aktivitasnya naik motor terganggu Covid-19. Tapi hal itu yang justru mendorongnya untuk mewujudkan idenya selama ini yaitu touring ke Eropa.

Bersama temannya Jodie, wiraswasta muda ini akhirnya merencanakan touring dari Jakarta-London. Tapi lagi-lagi karena Covid-19 rencana tersebut mesti dimodifikasi.

Baca juga: Belajar dari Kasus Pemukulan di Jalan Tol, Ini Penyebab dan Antisipasinya

Abie bersama temannya start dari Inggris pada 26 Maret 2022 dan akan finis sekitar 13 Juli 2022. Foto: Abi Abie bersama temannya start dari Inggris pada 26 Maret 2022 dan akan finis sekitar 13 Juli 2022.

"Awalnya rencananya Jakarta- London, tapi karena di beberapa negara Asia (perbatasan) masih tutup, akhirnya kita touring di Eropa saja dengan start dari London, Inggris," kata Abi kepada Kompas.com, Senin (6/6/2022).

Abi start dari Inggris pada 26 Maret 2022 dan akan finis sekitar 13 Juli 2022. Menjelajah sejumlah negara-negara di Benua Biru menggunakan Kawasaki Versys 250.

"Rencana awalnya total 28 negara, tapi karena ada perang di Eropa Timur (Rusia-Ukrania), kita mengurangi cukup banyak negara dan yang akhirnya mengurangi kilometer juga," kata dia.

Baca juga: Desain Eksterior Honda HR-V dan Kia Sonet, Siapa Lebih Ganteng?

Abi touring menjelajah menggunakan Kawasaki Versys 250 melewati negara-negara Eropa.Foto: Abi Abi touring menjelajah menggunakan Kawasaki Versys 250 melewati negara-negara Eropa.

"Tadinya total kilometer di Eropa itu 25.000-30.000 km, sekarang sekitar 15.000 km melewati 16-17 negara. Mulai Inggris, Perancis, Luxsemburg, Belgia, Belanda, Jerman, Denmark, Norwegia, Swedia, Finlandia. Nanti setelah itu jalan dari Denmark lagi tapi ke Austria, Liechtenstein, Italia, Spanyol, Andorra dan Monako," katanya.

Penyuka olahraga badminton ini tidak membawa motor dari Indonesia. Dengan beberapa pertimbangan, sebagai gantinya dia beli motor di Inggris untuk digunakan berkeliling Eropa.

"Namun di Inggris ada kendala, karena motor kita beli di Inggris tapi kita tidak dapat asuransi di Inggris, jadi kita tidak bisa riding di Inggris, jadi kita dapat asuransi (buat) di Eropa saja," kata dia.

"Jadi di Inggris kita beli motor, kemudian motor tersebut kita towing sampai ke Euro Tunnel setelah itu baru kita riding ke Eropa," kata Abi.

Baca juga: Cara Mendeteksi Mobil Bekas Tabrakan yang Benar

Abi touring menjelajah menggunakan Kawasaki Versys 250 melewati negara-negara Eropa.Foto: Abi Abi touring menjelajah menggunakan Kawasaki Versys 250 melewati negara-negara Eropa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.