Kompas.com - 06/06/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aleix Espargaro harus melepas podium dari tangannya karena kesalahannya sendiri pada MotoGP Catalunya 2022. Dia salah menghitung jumlah lap dan melakukan selebrasi satu lap sebelum finis.

"Saya minta maaf. Hanya itu yang bisa saya katakan, maaf pada tim saya. Ini sepenuhnya kesalahan saya," ujar Aleix, dikutip dari Crash.net, Minggu (5/6/2022).

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2022, Quartararo Menjauh dari Aleix Espargaro

Aleix salah menghitung jumlah lap yang sudah dia lalui. Selain itu, dia juga kesulitan melihat pitboard dari timnya karena posisinya yang berada di urutan pertama dari tikungan terakhir.

Aprilia Spanish rider Aleix Espargaro rides during the fourth MotoGP free practice session of the Moto Grand Prix de Catalunya at the Circuit de Catalunya on June 4, 2022 in Montmelo on the outskirts of Barcelona. (Photo by Pau BARRENA / AFP)PAU BARRENA Aprilia Spanish rider Aleix Espargaro rides during the fourth MotoGP free practice session of the Moto Grand Prix de Catalunya at the Circuit de Catalunya on June 4, 2022 in Montmelo on the outskirts of Barcelona. (Photo by Pau BARRENA / AFP)

Sehingga, pebalap Aprilia tersebut lebih sering bergantung pada menara yang menghitung mundur jumlah lap. Namun, penghitungan yang dilakukan pada Sirkuit Catalunya berbeda dari sirkuit lainnya.

"Saya dorong hingga batas, jadi saya hanya melihat jarak dengan (Jorge) Martin, +0,6, lalu saya melihat menara dan saya lihat 'L1. Jadi, saya melakukan satu lap dan lalu saya ingat bahwa di sini di Barcelona, lap terakhir adalah '0' bukan '1', dan saya menutup gas di trek lurus," kata Aleix.

Baca juga: Hasil MotoGP Catalunya 2022, Quartararo Juara, Aleix Espargaro Memalukan

Aleix berkali-kali mengungkapkan permintaan maafnya kepada tim. Dia mengatakan, kali ini sulit untuk menyamai kecepatan Fabio Quartararo. Namun, untuk mengalahkannya di klasemen, kesalahan seperti ini tidak bisa lagi terjadi.

Kesalahan seperti ini bukan yang kali pertama. Beberapa pebalap pernah juga melakukan kesalahan yang sama, seperti Kenny Roberts pada 2006 dan Julian Simon pada 2009. Semuanya melakukan kesalahan yang serupa di Catalunya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.