Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aleix Espargaro Minta Maaf dan Mengakui Salah Hitung

JAKARTA, KOMPAS.com - Aleix Espargaro harus melepas podium dari tangannya karena kesalahannya sendiri pada MotoGP Catalunya 2022. Dia salah menghitung jumlah lap dan melakukan selebrasi satu lap sebelum finis.

"Saya minta maaf. Hanya itu yang bisa saya katakan, maaf pada tim saya. Ini sepenuhnya kesalahan saya," ujar Aleix, dikutip dari Crash.net, Minggu (5/6/2022).

Aleix salah menghitung jumlah lap yang sudah dia lalui. Selain itu, dia juga kesulitan melihat pitboard dari timnya karena posisinya yang berada di urutan pertama dari tikungan terakhir.

Sehingga, pebalap Aprilia tersebut lebih sering bergantung pada menara yang menghitung mundur jumlah lap. Namun, penghitungan yang dilakukan pada Sirkuit Catalunya berbeda dari sirkuit lainnya.

"Saya dorong hingga batas, jadi saya hanya melihat jarak dengan (Jorge) Martin, +0,6, lalu saya melihat menara dan saya lihat 'L1. Jadi, saya melakukan satu lap dan lalu saya ingat bahwa di sini di Barcelona, lap terakhir adalah '0' bukan '1', dan saya menutup gas di trek lurus," kata Aleix.

Aleix berkali-kali mengungkapkan permintaan maafnya kepada tim. Dia mengatakan, kali ini sulit untuk menyamai kecepatan Fabio Quartararo. Namun, untuk mengalahkannya di klasemen, kesalahan seperti ini tidak bisa lagi terjadi.

Kesalahan seperti ini bukan yang kali pertama. Beberapa pebalap pernah juga melakukan kesalahan yang sama, seperti Kenny Roberts pada 2006 dan Julian Simon pada 2009. Semuanya melakukan kesalahan yang serupa di Catalunya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/06/074200115/aleix-espargaro-minta-maaf-dan-mengakui-salah-hitung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke