Motor Tom Cruise di Film Top Gun, Ada Kawasaki Ninja Paling Pertama

Kompas.com - 05/06/2022, 15:52 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Film Top Gun dirilis kembali dalam versi baru pada Mei 2022, namun tetap memunculkan aktor utama Pete Maverick yang diperani oleh Tom Cruise.

Pada dasarnya, cerita utama dari film ini adalah soal pilot pesawat tempur yang harus menuntaskan misi. Namun kendaraan utama dari Maverick adalah sebuah motor sport Kawasaki.

Menariknya, Film Top Gun 2022 menampilkan Kawasaki GPZ900R yang digunakan di Top Gun lawas pada awal cerita. Tapi tak berselang lama, GPZ900R digantikan Ninja H2 terbaru.

Baca juga: Salahkah Sopir Bila Tabrak Remaja yang Hadang Truk Demi Konten?

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Tom Cruise (@tomcruise)

Bicara soal GPZ900R, motor sport ini diluncurkan pada 1984 dan langsung menjadi salah satu motor Kawasaki yang legendaris. Sebabnya, motor Kawasaki inilah yang pertama mendapat julukan ‘Ninja’.

Disitat dari Hot Cars (5/6/2022), GPZ900R merupakan motor yang lebih maju secara teknologi dari motor-motor pada zamannya.

Ini adalah motor pertama dalam sejarah yang mampu mencapai kecepatan 150 mil/jam atau setara 241 km/jam. Padahal saat itu motor tercepat di dunia, yang tercatat secara resmi, memiliki kecepatan maksimum 155 mil/jam.

Baca juga: Kasus Pemukulan di Tol Dalam Kota, Bahu Jalan Jadi Sumber Keributan

Ilustrasi mesin motor Kawasaki GPZ900RGQITALIA.it Ilustrasi mesin motor Kawasaki GPZ900R

Dan motor ini sukses menjadi motor produksi massal tercepat, yang bisa dibeli secara legal. Tak heran jika motor ini dengan mudah mendapat julukan Ninja.

Sebagai informasi, motor ini mengusung mesin 908 cc empat silinder segaris dengan 16 klep dan pendingin air untuk pertama kalinya pada motor produksi massal.

Sekadar informasi saja, mesin dengan konfigurasi 4-silinder 16 klep, sanggup menghasilkan tenaga 115 tk. Terbilang kecil untuk ukuran saat ini, tapi motor ini digadang sebagai motor terkencang pada waktu itu.

Baca juga: Bahu Jalan Tol Kerap Jadi Sumber Keributan, Sanksi Harus Dipertegas

Ilustrasi motor lawas Kawasaki GPZ900RCLASSIC-MOTORBIKES.net Ilustrasi motor lawas Kawasaki GPZ900R

Menariknya lagi, berkat Kawasaki GPZ900R yang menggunakan fairing dan sasis kompak, desain superbike saat ini masih mengacu pada motor yang meluncur di era 1980-an itu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.