Kompas.com - 29/05/2022, 12:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Di Giannantonio berhasil memberikan kejutan dengan start paling depan pada MotoGP Italia di Sirkuit Mugello. Pebalap yang akrab disapa Diggia ini punya peluang untuk naik podium.

Saat Enea Bastianini kesulitan, ternyata masih ada Diggia yang berhasil bikin bangga Indonesia. Pasalnya, Gresini Racing disponsori banyak perusahaan lokal, salah satunya Federal Oil.

Baca juga: Kualifikasi GP Italia, Fabio di Giannantonio Pole Position, Motor Marquez Sempat Terbakar

Diggia berhasil mencatatkan waktu tercepat 1 menit 46,156 detik. Padahal, saat sesi kualifikasi sempat diwarnai dengan gerimis.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Italia 2022Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Italia 2022

Diggia yang baru kali pertama meraih pole position di kelas MotoGP mengakui memang mempersiapkan segalanya agar tak mengecewakan bermain di rumahnya sendiri.

“Saya tahu bisa lakukan yang terbaik, karena saya sangat mencintai sirkuit ini dan ingin mencetak nilai bagus di sini,” ujar pebalap bernomor 49 ini, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Satu Lagi Perusahaan Lokal Indonesia yang Jadi Sponsor Gresini Racing di MotoGP

Diggia mengatakan bahwa persiapan sejak latihan awal hari Jumat sudah sesuai ekspektasi, meskipun tak menargetkan bisa raih pole position.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Italia 2022Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Italia 2022

“Kami melakukan sesi kualifikasi Q1 dan Q2 yang di luar batas, saya terlalu fokus. Saya bahkan tak memerhatikan melihat gerimis hujan dan di akhir ternyata membuahkan hasil. Saya ingin mendedikasikan hasil ini untuk semua yang sudah mendukung saya!” ujarnya.

Sementara itu, rekan setim Diggia, yakni Bastianini, menjadi pebalap tercepat ke-10 setelah torehkan waktu 1 menit 46,679 detik.

Bastianini sempat mengalami insiden dua kali yang membuatnya terkendala mendapat setelan tepat, tapi masih beruntung bisa masuk di sesi kualifikasi akhir.

Pemenang tiga kali balapan musim ini berhasil memantapkan Ducati Desmosedici GP21 dan tembus Q2 meski dua kali terjatuh. Saat start nanti perlu strategi, karena kompetitor di titel juara dunia MotoGP 2022 tak jauh berada di depannya.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Italia 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Italia 2022

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.