Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi EV Smart Mobility, Mitsubishi Tawarkan Teknologi PHEV

Kompas.com - 28/05/2022, 10:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersama dengan Toyota, Nissan, Isuzu, dan Fuso, Mitsubishi Motors bergabung dalam kolaborasi lima merek otomotif Jepang untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Pulau Dewata, Bali.

Selain bertujuan mempopulerkan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia melalui eksperimen bersama, kolaborasi EV Smart Mobility di Bali juga diharapkan bisa mendukung posisi Indonesia sebagai tuan rumah G20 2022 nanti.

Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKSI) mengatakan, sangat antusias berpartisipasi dalam proyek kolaborasi dengan rekan dari merek dan pabrikan asal Jepang lainnya untuk memanfaatkan kendaraan listrik dalam mendukung sektor dan program pariwisata.

"Keikutsertaan dalam kolaborasi ini sekaligus menandai capaian baru dalam komitmen dukungan berkelanjutan Mitsubishi Motors kepada Pemerintah Indonesia dalam mengakselerasi pemanfaatan, dan juga demonstrasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dan juga skala lebih luas secara global," ucap Nakamura dalam keterangan resminya, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Kolaborasi 5 APM Otomotif Bangun Ekosistem Elektrifikasi di Bali

Bersama-sama, kelimanya mengembangkan ragam cara memperluas lebih banyak pilihan kendaraan bagi konsumen sebagai kontribusi percepatan penurunan emisi karbon di Indonesia.

Mitsubishi Outlander PHEVKompas.com/nanda Mitsubishi Outlander PHEV

 

Modelnya meliputi Battery Electric Vehicle (BEV), dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hydrogen fuel cell electric vehicle (FCEV) yang bekerja dengan sumber tenaga listrik, Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang mengkombinasikan teknologi EV, dan Internal Combustion Engine (ICE) konvensional untuk mereduksi emisi karbon tanpa melakukan pengisian daya.

Teknolgi ICE dapat berkontribusi untuk mengurangi emisi karbon dengan menggunakan bahan bakar biofuel. Pendekatan tersebut dipercaya dapat membantu mencapai reduksi emisi kendaraan dalam skala yang terkait pada kondisi penggunanan, sumber energi terbarukan, kesiapan infrastruktur pengisian daya, dan kebutuhan konsumen.

Setiap merek akan menyediakan kendaraan listrik unggulan dan membuat formasi lini kendaraan listrik, baik kendaraan penumpang atau niaga. Untuk mobil listrik penumpang digunakan sebagai pendukung mobilitas dalam area Nusa Dua dan Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali.

Kendaraan listrik niaga atau komersial, dipakai guna mendukung sektor logistik, dan dipertimbangkan lebih lanjut untuk aktivitas kolaborasi dengan bisnis lokal di area Bali.

Dalam kolaborasi tersebut, Mitsubishi menawarkan teknologi elektrifikasi Plug-in Hybrid Vehicle (PHEV) yang dianggap sebagai solusi atas tantangan yang muncul bagi pengguna model EV, seperti jarak tempuh dan infrastruktu pengisian daya.

Baca juga: Menuju Era Kendaraan Listrik, Indonesia Harus Punya SDM yang Kompeten


Teknologi PHEV terdiri dari mesin dan sebuah generator untuk memproduksi tenaga guna memperpanjang jarak tempuh EV. Setelah itu, terdapat drive battery lithium-ion berkapasitas tinggi yang ditempatkan di bawah kendaraan.

PHEV Mitsubishi digerakkan dua motor penggerak, di depan dan belakang, mengacu pada sistem dan arsitekturnya. Hybrid yang dilengkapi charger, menjadikan sebagai plug-in HEV, dan desain mengaplikasi pusat gravitasi yang rendah dengan distribusi bobot depan-belakang superior, sekaligus memastikan ruang kabin dan kargo yang cukup.

"Mode berkendara teknologi PHEV Mitsubishi Motors dapat bekerja secara otomatis untuk beralih antara mode EV dan hybrid tergantung pada kondisi mengemudi, dan sisa daya baterai, untuk memungkinkan pengendaraan yang mulus dan nyaman," kata Nakamura.

Pada mode EV, PHEV bergerak dengan motor menggunakan daya yang tersimpan di baterai tanpan besin yang menghasilkan CO2. Mode HEV, menggunakan mesin sebagai generator untuk menjalankan motor dengan kombinasi daya dari baterai.

Sementara Pararel Hybrid, berjalan menggunaan mesin efisiensi tinggi pada kecepatan tinggi, dan menerapkan output mesin berlebih untuk menghasilkan daya bagi baterai. Motor juga akan ikut membantu akselerasi.

Outlander PHEVKOMPAS.com Outlander PHEV

Daya listrik disimpan pada drive battery sebagai power supply untuk perjalanan luar ruang atau kondisi darurat lain.

Secara singkat, PHEV digadang-gadang merupakan baterai penyimpanan berjalan, dan mobilitas sosial yang baik, di mana tidak hanya memberikan solusi untuk masalah lingkungan tapi juga berfungsi sebagai bagian dari infrastruktur untuk memasok listrik bahkan ketika mobil dalam keadaan tidak bergerak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com