Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DAMRI Sediakan HiACe dari Malang ke Gunung Bromo, Tarifnya Rp 30.000

Kompas.com - 27/05/2022, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum DAMRI kali ini kembali menambah rute untuk mendukung program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), tepatnya di Gunung Bromo dengan keberangkatan dari Malang, Jawa Timur.

Siti Inda Suri, Plt. Corporate Secretary DAMRImengatakan, rute menuju Gunung Bromo ini merupakan bagian dari layanan KSPN yang dihadirkan oleh DAMRI bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

"Seperti diketahui, Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi wisata yang masuk ke dalam KSPN Prioritas di Indonesia,” ujar Siti Inda Suri dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Kamis (26/5/2022).

Baca juga: Solo-Yogyakarta PP, Bisa Naik DAMRI dengan Tarif Mulai Rp 85.000

Gunung Bromo jadi salah satu destinasi favorit di Indonesia. Dok. Indonesia Travel Gunung Bromo jadi salah satu destinasi favorit di Indonesia.

Untuk rute KSPN Gunung Bromo, keberangkatan dari Stasiun Malang - Tosari - Wonokitri (Gunung Bromo) tarifnya Rp 30.000 dengan jadwal keberangkatan pukul 07.30 WIB dan terakhir dari Wonokirti pukul 13.30 WIB.

Sedangkan rute sebaliknya yakni Wonokitri - Tosari - Stasiun Malang tarifnya Rp30.000 dengan keberangkatan awal dari Wonokitri pukul 07.00 WIB dan keberangkatan akhir melalui Pool DAMRI Malang pukul 16.20 WIB.

Selain rute baru dari Malang ke Gunung Bromo, DAMRI juga mengembangkan program KSPN di beberapa wilayah di Malang lainnya, seperti:

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan di MT Haryono, Selalu Jaga Jarak Pengereman

1. Terminal Kota Batu - Terminal Pasrepan - Wonokitri - Tosari Tarif sebesar Rp 40.000 dengan keberangkatan awal dari Terminal Batu pukul 08.00 WIB dan keberangkatan akhir dari Wonokitri pukul 14.30 WIB.

Untuk rute sebaliknya dari Tosari - Wonokitri - Terminal Pasrepan - Terminal Kota Batu, beroperasi melewati Wonokitri, Terminal Pasrepan, dengan tarif yang dikenakan Rp 40.000. Keberangkatan awal dari Tosari pukul 08.00 WIB dan keberangkatan akhir melalui Terminal Batu pukul 16.00 WIB.

2. Pool DAMRI - Pantai Balekembang (Via Turen). Rute tersebut beroperasi melewati Terminal Arjosari, Terminal Hamid Rusdi, Pantai Sendang Biru. Tarif sebesar Rp 25.000, dengan keberangkatan awal dari Pool DAMRI pukul 07.00 WIB dan keberangkatan akhir melalui Sendang Biru pukul 16.00 WIB.


Untuk rute sebaliknya dari Pantai Sendang Biru - Pool DAMRI (Via Bantur). Rute beroperasi melewati Pantai Balekambang, Terminal Hamid Rusdi, Terminal Arjosari. Tarif sebesar Rp25.000, dengan keberangkatan awal dari Sendang Biru pukul 07.00 WIB dan keberangkatan akhir melalui Terminal Arjosari pukul 15.30 WIB.

3. Stasiun Pasarturi - Sukapura (Via tol Probolinggo). Rute beroperasi melewati Stasiun Gubeng, Terminal Bungur Asih, dengan tarif sebesar Rp 50.000,00. Keberangkatan awal dari Stasiun Pasarturi pukul 05.30 WIB dan keberangkatan akhir dari Sukapura pukul 13.00 WIB.

Untuk rute sebaliknya dari Sukapura - Stasiun Pasarturi (Via tol Probolinggo). Rute beroperasi melewati Terminal Bungur Asih, Stasiun Gubeng. Tarif sebesar Rp 50.000, dengan keberangkatan awal dari Sukapura pukul 07.00 WIB dan keberangkatan akhir daro Terminal Bungur Asih pukul 19.30 WIB.

Siti Inda mengatakan, demi mendukung pertumbuhan pariwisata dalam negeri, DAMRI terus berkontribusi dalam menambah armada di kawasan strategis pariwisata, sehingga dapat mengakomodasi wisatawan domestik dan mancanegara.

Seluruh tiket layanan KSPN Malang dapat dipesan melalui aplikasi DAMRI Apps atau portal damri.co.id, kemudian pelanggan dapat melakukan pembayaran melalui platform digital, seperti OVO, LinkAja, Traveloka, RedBus, GoPay, Mandiri, dan gerai Alfamart maupun Indomaret di seluruh Indonesia.

“Kehadiran trayek dengan harga yang terjangkau diharapkan dapat memudahkan masyarakat melakukan mobilisasi dengan untuk berbagai keperluan, namun kami tetap mengimbau agar seluruh pelanggan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah selama melakukan perjalanan bersama DAMRI,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com