Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Baru DAMRI di Yogyakarta, ke Candi Borobudur Mulai Rp 20.000

Kompas.com - 17/05/2022, 12:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum DAMRI menghadirkan trayek dan rute baru di Yogyakarta dan wilayah Magelang, Jawa Tengah. Trayek ini sudah dibuka sejak Senin (16/5/2022), bertepatan dengan Hari Raya Waisak.

Plt. Corporate Secretary DAMRI Siti Inda Suri mengatakan, hadirnya trayek tersebut merupakan langkah nyata Perusahaan dalam memberikan kemudahan layanan transportasi darat dari :

1. Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) - Candi Borobudur via Purworejo dan Salaman. Tarif yang dikenakan Rp20.000 dengan keberangkatan awal dari YIA jam 08.00 WIB dan dari Candi Borobudur jam 05.00 WIB.

2. Hotel Limaran - Tebing Breksi - Candi Borobudur. Tarif yang dikenakan sebesar Rp20.000 dengan keberangkatan awal dari Hotel Limaran jam 05.30 WIB dan 06.00 WIB, sedangkan dari Candi Borobudur jam 07.30 WIB.

3. Universitas Gajah Mada (UGM) - Candi Borobudur via UII Jakal - Pakem - Tempel - Muntilan. Tarif sebesar Rp30.000 dengan keberangkatan awal dari UGM jam 05.30 WIB, sedangkan dari Candi Borobudur jam 07.30 WIB.

Baca juga: DAMRI Klaim Melayani 480.000 Penumpang pada Mudik 2022


Rute baru DAMRI di YogyakartaDOK. DAMRI Rute baru DAMRI di Yogyakarta

Layanan DAMRI rute Candi Borobudur - YIA merupakan bagian dari layanan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang dihadirkan DAMRI bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

“Dalam hal ini Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi wisata yang masuk ke dalam daftar KSPN di Indonesia,” ucap Siti Inda dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Selasa (17/5/2022).

Siti Inda melanjutkan, DAMRI tidak hanya berfokus di satu titik yakni layanan dari dan menuju Candi Borobudur saja, namun Perusahaan juga mengembangkan sayap dengan menghadirkan beberapa rute di Yogyakarta, di antaranya adalah:

Baca juga: Catat, Ini 13 Ruas Jalan di Jakarta yang Kena Ganjil Genap

1. Terminal Palbapang - Bandara Yogyakarta Internasional Airport. Tarif yang dikenakan sebesar Rp20.000 dengan keberangkatan awal dari Terminal Palbapang jam 05.30 WIB, sedangkan dari YIA jam 07.10 WIB

2. Malioboro - Pantai Parangtritis - Pantai Baron. Tarif sebesar Rp20.000 dengan keberangkatan awal dari Malioboro jam 06.00 WIB dan 12.00 WIB, dari Pantai Parangtritis jam 07.15 WIB dan 13.15 WIB, sedangkan dari Pantai Baron jam 09.00 WIB dan 15.00 WIB.

Seluruh rute tersebut dapat dipesan melalui aplikasi DAMRI Apps atau portal tiket.damri.co.id lalu melakukan di berbagai platform digital seperti OVO, LinkAja, Traveloka, RedBus, GoPay, Mandiri, dan gerai Alfamart maupun Indomaret di seluruh Indonesia.

Kehadiran trayek tersebut diharapkan dapat mempermudah masyarakat melakukan perjalanan dengan berbagai maksud dan tujuan, tentunya dengan tarif yang terjangkau,

“Kami mengimbau seluruh pelanggan agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan," ucap Siti Inda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com