Adu SUV CBU Jepang, Subaru Forester Vs Mazda CX-30

Kompas.com - 19/05/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia) resmi memasarkan produk pertamanya, yakni All New Forester. Kehadiran sport utility vehicle (SUV) ini memberikan perlawanan pada Mazda CX-30.

Kedua mobil ini bisa dikatakan apple-to-apple alias seimbang. Dari segi kapasitas mesin masih sama dan harganya juga tidak jauh berbeda. Termasuk status keduanya, yaitu SUV impor utuh alias completely built up (CBU) dari Jepang.

Baca juga: All New Subaru Forester Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 579,5 Juta

Soal desain, Forester lebih kental dengan nuansa off road. Ground clearance juga tinggi, mencapai 220 mm. Apalagi, atapnya juga dihiasi dengan roof rail.

Mazda CX-30 di AS mengusung mesin berkapasitas 2.500 ccMotor1 Mazda CX-30 di AS mengusung mesin berkapasitas 2.500 cc

Sementara CX-30, desainnya lebih agresif dan elegan. Ground clearance juga lebih rendah dibanding Forester, hanya 180 mm.

Untuk fiturnya, Subaru memiliki teknologi advance driving system yang dinamakan EyeSight. Sementara Mazda, menggunakan istilah i-Activsense. Fitur-fitur yang dimiliki masing-masing teknologi tersebut tak jauh berbeda.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap All New Subaru Forester, Semakin Canggih

Forester sudah dilengkapi dengan head unit berukuran 8 inci dan bisa terkoneksi dengan Android Auto dan Apple CarPlay, Push Start Button, sound system Harman/Kardon, sunroof, dan adaptive cruise control.

All New Subaru ForesterDok. Subaru All New Subaru Forester

CX-30 juga tak kalah canggih dari segi fiturnya. Head unit yang dimiliki berukuran 8,8 inci dan bisa dikoneksikan dengan smartphone menggunakan bluetooth. Selain itu, terdapat juga sunroof.

Dari sektor mesin, Forester dibekali mesin Boxer 2.0 L, 4-silinder, non turbo. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 154 tk pada 6.000 rpm dan torsi 196 Nm pada 4.000 rpm.

Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi Lineartronic CVT 7-percepatan. Sistem penggeraknya semua roda alias all-wheel-drive (AWD).

Tampak belakang dari SUV Mazda CX-30Motor1 Tampak belakang dari SUV Mazda CX-30

Sedangkan CX-30, mengandalkan mesin Skyactiv-G 2.0 L, 4-silinder segaris, non turbo. Tenaga yang dihasilkan mencapai 153 tk pada 6.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6-percepatan.

Untuk harganya, Forester jauh lebih tinggi, yakni Rp 659,5 juta (OTR Jakarta), dengan status CBU dari Jepang. Sementara CX-30, harganya Rp 539,9 juta (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.