Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subaru Belum Mau Jual Mobil Listrik di Indonesia

Kompas.com - 10/02/2022, 13:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Subaru Indonesia dipastikan akan kembali berkomitmen untuk menggarap pasar otomotif dalam negeri mulai tahun ini. Langkah ini dilakukan melalui produk baru dan penambahan jaringan diler resmi.

Namun kedatangan merek otomotif asal Jepang tersebut belum dibarengi dengan produk kendaraan bermotor berbasis baterai alias electric vehicle (EV).

"Tentang elektrifikasi, kita telah melakukan pembicaraan dengan prinsipal (Subaru Corporation). Namun rasanya tidak dalam waktu dekat untuk kita kenalkan di Indonesia," ucap Chief Operations Officer Plaza Subaru, Arie Christopher Setiadharma dalam Media Gathering, Rabu (9/2/2022).

Baca juga: Subaru Indonesia Mulai Jualan Mobil di Kuartal II/2022

Basis mobil listrik Toyota bZ4X dibuat bersama SubaruToyota Global Basis mobil listrik Toyota bZ4X dibuat bersama Subaru

Alasannya, lanjut dia, karena proses perubahan era dari kendaraan yang berpembakaran dalam (internal combustion engine/ICE) ke era EV butuh waktu yang cukup.

Sehingga dalam janga waktu dekat sampai menengah, produk baru dari Subaru untuk pasar Indonesia ialah mobil ICE yang berfokus di segmen sport utility vehicle (SUV).

"Kita menganggap shifting dari combustion engine ke elektrifikasi terlalu cepat kita bawa untuk dipasarkan," kata Arie.

Di Jepang sendiri, Subaru sudah membuka pemesanan crossover elektrik Solterra sebagai mobil listrik terbarunya ke pasar global. Untuk Amerika Serikat, seperti dikutip Carscoops, mobil akan dikirimkan pada 2023.

Pelanggan diharuskan untuk menyetorkan dana yang dapat dikembalikan sebesar 250 dolar AS sebagai imbalan atas kesempatan untuk menjadi yang pertama membeli atau menyewa crossover listrik milik Subaru itu.

Baca juga: Risiko Pakai Ban Mobil Beda Ukuran

Bocoran gambar Subaru SolterraMOTOR1.com Bocoran gambar Subaru Solterra

Kendati demikian, Subaru masih menyimpan rapat-rapat mengenai harga dari kendaraan ini berserta spesifikasinya.

Tapi kuat dugaan, Solterra bakal menjadi Premium entry-level yang telah dilengkapi lampu depat LED, sistem kontrol iklim otomatis, pemantauan blind-spot, dan teknologi bantuan pengemudi EyeSight.

Solterra Limited tingkat menengah menampilkan eksterior yang lebih mewah dengan lampu kabut, rel atap, dan pelek 20 inci. Model ini juga mendapatkan power liftgate dan spoiler belakang yang unik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com