Penjualan Motor Baru Turun 2,46 Persen Selama April 2022

Kompas.com - 19/05/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat penjualan sepeda motor domestik di Indonesia mencapai 439.472 unit per April 2022.

Angka penjualan ini tercatat mengalami penurunan 2,46 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 450.565 unit.

Penjualan ini juga tercatat menurun 7,06 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu. Seperti diketahui pada April 2022, penjualan sepeda motor domestik sebanyak 472.889 unit.

Baca juga: Video Honda Brio Terobos Macet Pakai Strobo dan Sirene di Malang

Ilustrasi booth Yamaha di IIMS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi booth Yamaha di IIMS 2022

Secara total, penjualan sepeda motor domestik berhasil meraih sebanyak 1.702.058 unit pada Januari-April 2022.

Jumlah ini juga lebih rendah dibandingkan capaian pada Januari-April 2021 yang mendapatkan 1.766.822 unit.

Berdasarkan segmentasi, penjualan sepeda motor jenis scooter memberikan kontribusi terbesar dari penjualan domestik. Sedangkan, motor matik menyumbang 87,36 persen dari total.

Baca juga: Segini Biaya Bikin Satu Bus Besar di Indonesia

Penjualan sepeda motor jenis sport memberikan kontribusi 6,24 persen. Kemudian, motor underbone tercatat sebesar 6,4 persen dari total penjualan domestik.

Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala mengatakan, penjualan yang menurun pada bulan April merupakan imbas dari kelangkaan cip semikonduktor yang dirasakan beberapa anggota asosiasi.

“Penjualan kendaraan roda dua masih terkena dampak suplai semi konduktor,” ucap Sigit, kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.