Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adu SUV CBU Jepang, Subaru Forester Vs Mazda CX-30

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia) resmi memasarkan produk pertamanya, yakni All New Forester. Kehadiran sport utility vehicle (SUV) ini memberikan perlawanan pada Mazda CX-30.

Kedua mobil ini bisa dikatakan apple-to-apple alias seimbang. Dari segi kapasitas mesin masih sama dan harganya juga tidak jauh berbeda. Termasuk status keduanya, yaitu SUV impor utuh alias completely built up (CBU) dari Jepang.

Soal desain, Forester lebih kental dengan nuansa off road. Ground clearance juga tinggi, mencapai 220 mm. Apalagi, atapnya juga dihiasi dengan roof rail.

Sementara CX-30, desainnya lebih agresif dan elegan. Ground clearance juga lebih rendah dibanding Forester, hanya 180 mm.

Untuk fiturnya, Subaru memiliki teknologi advance driving system yang dinamakan EyeSight. Sementara Mazda, menggunakan istilah i-Activsense. Fitur-fitur yang dimiliki masing-masing teknologi tersebut tak jauh berbeda.

Forester sudah dilengkapi dengan head unit berukuran 8 inci dan bisa terkoneksi dengan Android Auto dan Apple CarPlay, Push Start Button, sound system Harman/Kardon, sunroof, dan adaptive cruise control.

CX-30 juga tak kalah canggih dari segi fiturnya. Head unit yang dimiliki berukuran 8,8 inci dan bisa dikoneksikan dengan smartphone menggunakan bluetooth. Selain itu, terdapat juga sunroof.

Dari sektor mesin, Forester dibekali mesin Boxer 2.0 L, 4-silinder, non turbo. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 154 tk pada 6.000 rpm dan torsi 196 Nm pada 4.000 rpm.

Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi Lineartronic CVT 7-percepatan. Sistem penggeraknya semua roda alias all-wheel-drive (AWD).

Sedangkan CX-30, mengandalkan mesin Skyactiv-G 2.0 L, 4-silinder segaris, non turbo. Tenaga yang dihasilkan mencapai 153 tk pada 6.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6-percepatan.

Untuk harganya, Forester jauh lebih tinggi, yakni Rp 659,5 juta (OTR Jakarta), dengan status CBU dari Jepang. Sementara CX-30, harganya Rp 539,9 juta (OTR Jakarta).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/19/102200215/adu-suv-cbu-jepang-subaru-forester-vs-mazda-cx-30

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke