Apakah Perlu Keluar Mobil Saat Isi BBM?

Kompas.com - 18/05/2022, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika sedang mengisi tangki bahan bakar mesin (BBM), penumpang mobil biasanya tetap berada di kabin mobil.

Hal ini menjadi sebuah kebiasaan yang lumrah dilakukan, serta tidak ada juga imbauan bagi penumpang untuk turun. Namun, jika dilihat dari sisi keselamatan, apakah penumpang perlu keluar dari kendaraan selama pengisian tangki BBM?

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan bahwa sebaiknya pengemudi maupun penumpang turun dari kendaraan selama pengisian BBM karena lebih aman.

Baca juga: Pengendara Harus Turun dari Motor Saat Isi BBM

"Saat mengisi BBM lebih baik memang berada di luar kendaraan, karena bisa ada listrik statis yang bisa menyebabkan kebakaran," ucap Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Marcell, listrik statis timbul karena gesekan antar dua benda. Salah satu potensi kebakaran muncul dari gesekan nozzle BBM dengan saluran tangki bahan bakar.

Walaupun kecil kemungkinan, gesekan yang terjadi bisa memicu terjadinya api. Terlebih, jika penumpang di kabin mobil tidak turun dan banyak bergerak atau mengakibatkan guncangan pada kendaraan.

Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU 24.361.77 Mayang Mangurai, Kota Baru, Jambi, Kamis (14/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengerahkan 384 unit armada mobil tangki, 27 unit bridger avtur, dan menyiapkan 174 unit skid tank untuk LPG, serta 16 titik SPBU kantung dan 15 titik layanan motoris pada jalur mudik guna mengamankan pasokan energi selama Ramadhan dan mudik Lebaran tahun 2022.ANTARA FOTO/WAHDI SEPTIAWAN Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU 24.361.77 Mayang Mangurai, Kota Baru, Jambi, Kamis (14/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengerahkan 384 unit armada mobil tangki, 27 unit bridger avtur, dan menyiapkan 174 unit skid tank untuk LPG, serta 16 titik SPBU kantung dan 15 titik layanan motoris pada jalur mudik guna mengamankan pasokan energi selama Ramadhan dan mudik Lebaran tahun 2022.

Baca juga: Video Honda Brio Terobos Macet Pakai Strobo dan Sirene di Malang

Ada kekhawatiran lain yang muncul jika memang harus turun dari mobil saat pengisian tangki bahan bakar. Salah satunya, kemungkinan terjadinya pencurian seperti yang pernah terjadi di beberapa SPBU, akibat pintu tidak dikunci.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, saat mengisi tangki BBM yang terpenting adalah mesin dalam keadaan mati dan pastikan pintu dalam keadaan terkunci.

"Pom bensin sekarang punya skema pelayanan berbeda-beda. Dari dalam saja tentu boleh, tetap perhatikan kondisi di sekitar, kuncinya jangan lengah," ucap Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.