Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Perlu Keluar Mobil Saat Isi BBM?

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika sedang mengisi tangki bahan bakar mesin (BBM), penumpang mobil biasanya tetap berada di kabin mobil.

Hal ini menjadi sebuah kebiasaan yang lumrah dilakukan, serta tidak ada juga imbauan bagi penumpang untuk turun. Namun, jika dilihat dari sisi keselamatan, apakah penumpang perlu keluar dari kendaraan selama pengisian tangki BBM?

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan bahwa sebaiknya pengemudi maupun penumpang turun dari kendaraan selama pengisian BBM karena lebih aman.

"Saat mengisi BBM lebih baik memang berada di luar kendaraan, karena bisa ada listrik statis yang bisa menyebabkan kebakaran," ucap Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Marcell, listrik statis timbul karena gesekan antar dua benda. Salah satu potensi kebakaran muncul dari gesekan nozzle BBM dengan saluran tangki bahan bakar.

Walaupun kecil kemungkinan, gesekan yang terjadi bisa memicu terjadinya api. Terlebih, jika penumpang di kabin mobil tidak turun dan banyak bergerak atau mengakibatkan guncangan pada kendaraan.

Ada kekhawatiran lain yang muncul jika memang harus turun dari mobil saat pengisian tangki bahan bakar. Salah satunya, kemungkinan terjadinya pencurian seperti yang pernah terjadi di beberapa SPBU, akibat pintu tidak dikunci.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, saat mengisi tangki BBM yang terpenting adalah mesin dalam keadaan mati dan pastikan pintu dalam keadaan terkunci.

"Pom bensin sekarang punya skema pelayanan berbeda-beda. Dari dalam saja tentu boleh, tetap perhatikan kondisi di sekitar, kuncinya jangan lengah," ucap Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/18/191200815/apakah-perlu-keluar-mobil-saat-isi-bbm-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke