Kompas.com - 18/05/2022, 16:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menyuplai listrik sebesar 2,5 VA untuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) TransJakarta di pool PT Mayasari Bakti.

Fasilitas terkait akan melayani sebanyak 30 unit bus listrik milik operator PT TransJakarta Mayasari Bakti, seperti dikatakan oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan.

"Pool ini akan menjadi charging station 30 unit bus listrik TransJakarta yang sekaligus menjadikan SPKLU di pool bus ini merupakan yang pertama di Indonesia," katanya, Senin (16/5/2022).

Baca juga: Dibanding 2019, Jumlah Kendaraan Pemudik Tahun Ini Naik 7 Persen

salah satu armada bus listrik transjakarta kompas.com/ janlika putri salah satu armada bus listrik transjakarta

Langkah tersebut tidak terlepas dari rencana Badan Usaha Milik Daerah DKI, PT TransJakarta seperti disebutkan oleh Kepala Divisi Teknik Armada PT TransJakarta Erawan Hermansyah.

Di mana, pihaknya akan mengoperasionalkan sekitar 10.000 bus listrik yang realisasinya sudah dilakukan secara bertahap pada 2030.

Atas rencana hal ini, Doddy mengatakan bahwa PLN siap mendukung pemerintah dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik dan siap memastikan tersedianya pasokan listrik maupun model bisnis kerja sama.

"Di mana pun SPKLU-nya listriknya pakai PLN, pasokan listrik di Jakarta cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan energi listrik, termasuk untuk pendirian SPKLU ataupun home charging bagi pemilik kendaraan listrik pribadi," kata dia.

"Beban puncak tertinggi tahun 2022 sebesar 5.351 MW dan masih ada cadangan daya 2.700 MW dari total daya mampu PLN Jakarta, jadi secara pasokan masih aman sekali," lanjut Doddy.

Baca juga: Segini Biaya Bikin Satu Bus Besar di Indonesia

Ilustrasi SPKLUKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi SPKLU

Adapun tersedianya layanan itu, merupakan bentuk dukungan PLN ke PT Mayasari Bakti dan PT TransJakarta untuk beralih dari moda transportasi berbahan bakar minyak dan gas bumi ke listrik.

Lebih lanjut, Doddy menyampaikan komitmen dalam mendukung PT Mayasari Bakti dan PT TransJakarta untuk mencapai cita-cita kita bersama dalam upaya menyelamatkan bumi melalui penggunaan moda transportasi listrik.

"Hal ini sejalan dengan Pemprov DKI Jakarta Langit Biru untuk mendukung terciptanya udara bersih di Jakarta. Selain itu, ini juga merupakan bentuk dukungan dan komitmen kami agar Indonesia dapat mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060," ucap Doddy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.