Update Rencana Renovasi Sirkuit Sentul, Dibangun Tiga Tahap

Kompas.com - 18/05/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sirkuit Internasional Sentul yang berlokasi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kabarnya bakal berganti nama menjadi West Java Sentul International Circuit.

Bersamaan dengan hal tersebut, rencananya sirkuit ini tengah bersiap untuk berbenah sekaligus direnovasi pada 2022.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang juga Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan, IMI bersama pihak pengelola bakal mematangkan rencana pengembangan Sirkuit Internasional Sentul atau West Java Sentul International Circuit.

Baca juga: Update Harga BBM Pertamina, Shell, BP, dan Vivo per Mei 2022

(Dari kiri ke kanan) Tinton Soeprapto, Ridwan Kamil, dan Bambang Soeastyo saat berencana untuk merenovasi Sirkuit Sentul pada Minggu (12/12/2021).Dok. Sentul International Circuit (Dari kiri ke kanan) Tinton Soeprapto, Ridwan Kamil, dan Bambang Soeastyo saat berencana untuk merenovasi Sirkuit Sentul pada Minggu (12/12/2021).

Menurutnya, tim dari kedua pihak sedang merumuskan total anggaran yang dibutuhkan, untuk kemudian dibawa dalam rapat bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Bersama IMI Pusat, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mengundang para pelaku usaha otomotif dan lainnya yang memiliki pabrik dan kantor di Jawa Barat untuk menghadiri gala dinner fundraising Race In A Lifetime,” ujar Bamsoet, disitat dari Antara (17/5/2022).

Dalam pertemuan dengan Ridwan Kamil, Bamsoet mengatakan pihaknya bersama pengelola akan mempresentasikan transformasi Sirkuit Sentul menjadi West Java Sentul International Circuit serta berbagai manfaat yang bisa didapatkan saat bergabung menjadi sponsor.

Baca juga: Sulitnya Mencoba Perpanjang SIM Cara Online Lewat Aplikasi, Banyak Kendala

Bamsoet menjelaskan kawasan Sirkuit Sentul yang memiliki luas lahan mencapai 75 hektar ini akan didesain ulang oleh konsultan internasional Populous.

Menurutnya, rekam jejak konsultan itu tidak perlu diragukan karena telah banyak mendesain arena motorsport di berbagai negara di dunia.

Antara lain Silverstone Circuit, Alabama Motorsports Park Circuit, Dubai Autodrome and Business Park, The Circuit of Wales, hingga The London Grand Prix.

Baca juga: Daftar Gerbang Tol yang Kena Ganjil Genap Jakarta

Sirkuit Sentul saat kedatangan Bambang Soesatyo pada Sabtu, 9 Januari 2021.DOK. BAMBANG SOESATYO Sirkuit Sentul saat kedatangan Bambang Soesatyo pada Sabtu, 9 Januari 2021.

“Proses pengembangan West Java Sentul International Circuit akan dilakukan dalam tiga tahap,” ucap Bamsoet.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.