Kompas.com - 14/05/2022, 18:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Cairan wiper menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan bagi pemilik mobil. Apalagi saat musim hujan atau ketika berkendara jarak jauh. 

Namun ada yang masih menganggap bahwa cairan wiper sama saja dengan air biasa. Sehingga tabung reservoir sering diisi dengan air keran.

Padahal kandungan pada cairan wiper berbeda dengan air biasa, bahkan tak boleh diisi sembarangan karena bisa membuat vibilitas malah terganggu.

Menanggapi hal tersebut Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong mengatakan, cairan biasa memang bisa digunakan untuk wiper mobil.

Namun demikian, Deni tidak merekomendasikan hal tersebut, karena akan berakibat buruk dalam jangka panjang.

Baca juga: Awas Lecet, Ini Cara Mencuci Mobil yang Benar

Deni mengingatkan agar pemilik mobil mengganti cairan yang khusus. Hal tersebut karena memang memiliki kandungan bahan-bahan yang sesuai dan aman digunakan.

“Bisa gunakan cairan khusus wiper atau cukup air keran saja. Tapi untuk air keran sifatnya hanya sementara, misal saat kondisi darurat di perjalanan,” ucap Deni.

Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.Foto: Peugeot Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

 

Menurutnya, air keran yang berasal dari tanah dapat menimbulkan jamur kaca apabila tidak segera dibersihkan.

Baca juga: Bahaya Asal Modifikasi Kelistrikan pada Mobil

Selain itu, air tanah juga kurang ampuh dalam membersihkan noda. Makanya banyak yang mengakali dengan detergen, seperti shampo atau sabun.

Namun cara ini tidak direkomendasikan sebab detergen dapat meninggalkan busa yang mengganggu visibilitas.

“Saat kondisi hujan, busa yang ditimbulkan malah bisa makin banyak. Malah berbahaya saat berkendara. Apalagi juga bisa mengakibatkan selang dan washer mampet,” katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.