Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Cat Mobil, Jangan Sering Parkir di Tempat Lembab

Kompas.com - 14/05/2022, 15:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki mobil yang mulus menjadi dambaan banyak orang. Oleh karena itu, merawat kendaraan penting agar tampilan dan performa tetap terjaga.

Namun, banyak pemilik mobil yang setelah memiliki kendaraan impian justru abai untuk merawat mobil. Alhasil, cat mobil terkelupas sehingga mengganggu tampilan eksterior.

Section Head Used Car & Body Paint Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Herli Barlian mengatakan jika mobil yang parkir dalam waktu lama di tempat yang lembab membuat karat atau jamur.

Baca juga: Mazda CX-5 Terbaru Dapat Sambutan Positif dari Konsumen Indonesia

“Karat dan jamur tersebut muncul karena terkelupasnya lapisan cat pelindung metal pada mobil, yang kemudian terpapar udara luar dan air," kata Herli kepada Kompas.com.

Untuk mencegah cat bodi mobil terkelupas pemilik kendaraan harus menghindari parkir terlalu lama di tempat lembab.

Kemudian, segera cuci terutama bagian bawah mobil jika terkena hujan. Periksa karet atau list penahan air di kaca pintu dan segera ganti juga karet sudah bocor atau tidak lentur.

Ilustrasi mencuci mobil di rumah- Ilustrasi mencuci mobil di rumah

"Serta, segera bersihkan plat dengan bensin supaya tidak timbul karat jika ada goresan dalam atau cat mengelupas sampai plat bodi," kata  Herli.

Cat bodi mobil yang rusak bisa disebabkan akibat sisa air dari mencuci mobil yang tidak kering sempurna. Sisa air masuk ke sela-sela panel bodi mobil yang lambat laun menjadikan panel bodi berkarat.

Baca juga: Ini Dampak Buruk Tekanan Udara Ban Mobil Tidak Sesuai Beban

Dwiki T. Nugraha, Head marketing & operations PDV Detailing mengatakan jika cat mobil yang rusak juga dipicu karena benturan atau goresan sehingga lapisan plat bodi (panel) terkena air langsung.

"Apabila cat bodi yang terkelupas maka segera perbaiki dengan cat panel di body repair. Pastikan bengkel body repair menghilangkan total karatnya sebelum proses pengecatan dilakukan," ujar Dwiki.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com