Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Lecet, Ini Cara Mencuci Mobil yang Benar

Kompas.com - 14/05/2022, 16:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci mobil merupakan salah satu kegiatan perawatan bagian eksterior. Tidak harus ke salon mobil, tapi bisa dilakukan sendiri di rumah.

Kendati terlihat mudah, bila melakukannya tidak benar akan membuat bodi mobil lecet. Namun, masih banyak pemilik mobil yang tidak memahami bagaimana cara mencuci mobil yang benar.

Baca juga: Tips Merawat Cat Mobil, Jangan Sering Parkir di Tempat Lembab

CEO Autoglaze Indonesia Robby Kurnia mengatakan cara mencuci mobil yang benar adalah langsung membersihkan kotoran yang menempel pada bagian bodi. Saat membersihkannya harus dengan sabun atau sampo khusus ditambah semprotan air.

"Kalau langsung dilap begitu saja, kotoran yang menempel itu akan membuat bodi mobil menjadi baret," kata Robby kepada Kompas.com.

Ilustrasi mencuci mobildok.Coversuper Ilustrasi mencuci mobil

Pastikan cairan khusus pembersih menyeluruh ke bodi mobil. Setelah itu, basuh permukaan mobil sambil menyemprotkan air.

"Tahap terakhir, lap bodi mobil sampai kering dan disarankan untuk menggunakan kain microfiber. Kain ini halus dan tidak membuat bodi mobil menjadi baret kecil," kata Robby.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Lotion Anti Nyamuk Ampuh Hilangkan Baret pada Mobil?

Christopher Sebastian, CEO Makko Group Indonesia, juga menyarankan untuk tidak langsung membersihkan kotoran pada bodi mobil tanpa menggunakan cairan pembersih atau shampo khusus untuk mobil.

Permukaan bodi akan cepat lecet atau baret jika pada tahap awal tidak memakai cairan pembersih mobil.

"Sebaiknya memang dibilas dulu seluruh permukaan bodi mobil, setelah itu bisa juga menggunakan sabun atau shampo khusus untuk membuat mobil menjadi lebih bersih," kata Christopher.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com