Kebiasaan Tinggalkan Powerbank di Kabin Mobil Bisa Sebabkan Kebakaran

Kompas.com - 14/05/2022, 16:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur power outlet di dalam mobil memang mempermudah pengemudi untuk mengisi daya gadget saat perjalanan. Termasuk digunakan untuk mengisi daya powerbank.

Bagi Anda yang suka melakukan ini perlu sekiranya diwaspadai. Karena kebiasaan meninggalkan powerbank di kabin setelah di-charge pada soket berpotensi untuk meledak. Imbas terburuknya adalah menyebabkan mobil terbakar.

Quality Assurance Department Head PT Suzuki Indomobil Motor Riecky Patrayudha menjelaskan bahwa powerbank yang masih terpasang di soket dapat menyebabkan korsleting pada baterai. Bila hal itu terjadi, ada kemungkinan powerbank akan meledak dan merembet ke mobil yang terbakar.

Baca juga: Cara Mudah Hilangkan Kotoran Burung Menempel di Bodi Mobil

"Pengisian daya powerbank yang masih terpasang di soket, dapat menyebabkan korsleting pada baterai dan berpotensi meledak," ucap Riecky.

Penting bagi pengemudi untuk selalu mengecek komponen mobil sebelum berkendara. Kemudian, saat akan memarkir mobil, perhatikan juga barang-barang yang akan ditinggalkan di kabin.

Sebuah mobil dengan nomor polisi B 2968 BBA terbakar di Jalan Puri Indah Raya, Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat, atau tepat di depan Kantor Walikota Jakarta Barat, pada Senin (7/2/2022).Dok. Damkar Sektor Kembangan Jakarta Barat Sebuah mobil dengan nomor polisi B 2968 BBA terbakar di Jalan Puri Indah Raya, Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat, atau tepat di depan Kantor Walikota Jakarta Barat, pada Senin (7/2/2022).

Selain itu, kebiasaan meninggalkan barang di kap mesin juga berpotensi menyebabkan mobil terbakar. Benda seperti lap kain, atau kanebo yang sering pengemudi tinggalkan begitu saja di kap mobil.

Baca juga: Mitos Atau Fakta, Asap Rokok Bikin AC Mobil Rusak?

Suhu tinggi di ruang mesin bisa memicu percikan api pada bahan yang mudah terbakar. Oleh karenanya Riecky menghimbau untuk selalu mengecek kap mobil sebelum berangkat, pastikan tidak ada benda asing di kap mobil.

"Hal ini berbahaya karena berpotensi menimbulkan kebakaran. Untuk itu, selalu cek kembali ruang mesin secara teliti apakah ada barang yang mudah terbakar tertinggal sebelum menutup kap mesin," ucap Riecky.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.