Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Lotion Anti Nyamuk Ampuh Hilangkan Baret pada Mobil?

Kompas.com - 14/05/2022, 15:06 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Goresan atau baret pada mobil menjadi perkara yang menjengkelkan bagi pemilik kendaraan.

Selain mengganggu visual kendaraan, mobil yang tergores akan membuat pemiliknya menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk perbaikan.

Guna menekan anggaran dana perbaikan mobil baret, cara alternatif yang lebih efisien dan bisa dilakukan dirumah menjadi pilihan. Lotion anti nyamuk dipercaya dapat menghilangkan baret pada cat mobil.

Baca juga: Jangan Tinggalkan Kanebo di Kap Mesin, Bisa Bikin Mobil Terbakar

CEO Topcoat Indonesia, Christopher Sebastian mengatakan jika hal tersebut memang bisa dilakukan, namun penggunaannya tidak disarankan karena berbahaya bagi mobil.

“Lotion anti nyamuk ini sifatnya darurat saja jika tidak ada kompon, dan sebenarnya cara ini tidak disarankan karena pada beberapa mobil dapat membuat cat buram dan bisa merusak cat,” kata Christopher kepada Kompas.com.

Nur Kholis (30), eks TKI yang kini memilih buka usaha salon mobil di Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Minggu (30/5/2021)KOMPAS.COM/ARIA RUSTA YULI PRADANA Nur Kholis (30), eks TKI yang kini memilih buka usaha salon mobil di Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Minggu (30/5/2021)

Ada banyak penyebab goresan pada mobil. Mulai dari cakaran kucing, gesekan ranting atau kenakalan anak-anak saat parkir di tempat terbuka.

Bila goresan pada bodi mobil tidak terlalu dalam dan hanya sedikit, pemilik kendaraan bisa menyamarkan atau menghilangkan baret pada cat mobil secara mandiri.

Baca juga: Jurus Anti Selip Saat Mengendarai Mobil di Jalan Berlumpur

Christopher menyebutkan ada cara yang lebih aman dan mudah dilakukan dari pada menggunakan lotion anti nyamuk.

“Untuk goresan ringan bisa menggunakan kompon putih, lalu bisa juga dilanjutkan dengan poles jika masih terlihat. Ini dengan catatan lapisan cat pada bodi mobil tidak terangkat,” kata Christopher.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com