Pembayaran Pajak di Samsat Depok Membeludak, Berikut Alternatifnya

Kompas.com - 09/05/2022, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki hari Senin (9/5/2022), beberapa kantor sudah mulai buka setelah liburan Lebaran. Salah satu tempat yang langsung dipenuhi orang adalah kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

Salah satu lokasi Samsat yang ramai dikunjungi pada Senin ini adalah di Depok, seperti yang terlihat pada video unggahan akun Infodepok_id di Instagram.

"Setelah libur lebaran masyarakat datangi Samsat Depok untuk mengurus pembayaran pajak kendaraan bermotor. Siapa yang hari ini ke Samsat?," tulis akun tersebut dikutip Kompas.com, Senin (9/5/2022).

Baca juga: Catat, Operasional Kantor Samsat Saat Libur Lebaran

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Depok (@infodepok_id)

 

Terlihat antrean yang cukup panjang di dalam maupun area parkir gedung Samsat. Sebagai pengingat, membayar pajak kendaraan tahunan tidak hanya bisa dilakukan di gedung Samsat, tetapi ada tujuh jenis Samsat yang bisa dimanfaatkan.

Ketujuh jenis Samsat itu yakni Samsat Induk atau Utama, Samsat Drive THRU, Samsat Keliling, Gerai Samsat, Samsat Kecamatan, e-Samsat dan Samsat online nasional, dan paling baru adalah Samsat Digital.

Dikutip dari laman NTMC Polri, Samsat Induk atau Utama adalah layanan paling pertama di mana masih menggunakan sistem konvensional.

Artinya, masyarakat harus datang ke Samsat kemudian harus masuk loket-loket yang sudah disediakan ada dua loket loket pendaftaran dan verifikasi dan loket pembayaran dan penyerahan.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Bekas Rp 80 Jutaan Usai Lebaran

Layanan ini masih terbilang menyulitkan masyarakat. Pasalnya, wajib pajak harus mengisi formulir secara manual, memfotokopi berkas, mengantre di loket, dan melakukan pembayaran secara tunai.

Kedua ada Samsat Drive THRU, di mana wajib pajak tidak perlu turun dari kendaraan cukup melakukan proses pendaftaran dan membayar dari atas kendaraan.

Pemilik kendaraan cukup menyiapkan dokumen seperti BPKB, STNK, dan KTP asli tanpa harus repot fotokopi. Setelah itu langsung bergeser ke loket dua untuk pembayaran dan pengambilan dokumen baru.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.