Mengulik Aspal Sirkuit Ancol, Sama dengan Mandalika?

Kompas.com - 09/05/2022, 13:02 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Ancol akan menggelar balapan mobil listrik Formula E pada awal Juni 2022. Sirkuit terletak di kawasan Pantai Karnaval, di sisi selatan Ancol Beach City (ABC Mall).

Sirkuit Ancol mengadaptasi DNA sirkuit jalan raya yang dipakai Formula E, karena itu jenis aspalnya beda dengan sirkuit inernasional lain semisal Sirkuit Sentul dan Sirkuit Mandalika.

Irawan Sucahyono, Vice President of Infrastructure and General Affairs Formula E - Jakpro, mengatakan, pada dasarnya aspal yang digunakan di Sirkuit Ancol ialah aspal jalan raya.

Baca juga: Skema One Way dan Contraflow Mudik Lebaran Berakhir Hari Ini

Presiden RI Joko Widodo berkunjung mengecek kondisi pembangunan Sirkuit Ancol buat Formula E 2022.Foto: PPID DKI Jakarta Presiden RI Joko Widodo berkunjung mengecek kondisi pembangunan Sirkuit Ancol buat Formula E 2022.

"Kalau dengan Mandalika beda, Mandalika untuk MotoGP. Ini adalah street circuit artinya aspal yang dipakai adalah apa yang dipakai di jalan bebas hambatan atau jalanan, pada prinsipnya aspal jalan," katanya kepada Kompas.com, yang ditemui akhir pekan lalu.

Meski demikian Irawan menekankan tetap ada perbedaan dengan aspal jalan biasa. Aspal yang dipakai di Sirkuit Ancol yang terbaik dan karena buat sirkuit maka lintasannya akan sangat rata.

"Tapi di sini beda, kita buat pakai aspal yang lebih baik. Kemudian tingkat kerataannya menjadi pertimbangan yang sangat penting bagi street circuit," kata Irawan.

Baca juga: Cek Harga Nmax dan PCX Usai Lebaran

Aspal Sirkuit Ancol yang akan jadi tuan rumah balapan mobil listrik Formula E.KOMPAS.com/Gilang Aspal Sirkuit Ancol yang akan jadi tuan rumah balapan mobil listrik Formula E.

"Karena hampir semua jalan raya kalau dibuat sirkuit kendalanya ialah bumpy (bergelombang) nah itulah yang harus diatasi. Ada ukuran-ukuran yang diperlukan untuk sirkuit ini," ungkapnya.

Irawan mengatakan bahwa Sikuit Ancol masuk dalam sirkuit kategori tiga atau Grade 3.

"Sirkuit ini ialah Grade 3 jadi tidak seperti sirkuit Formula 1 yang Grade 1. Jadi dengan konstruksi, suspensi, ban yang tidak seperti Formula 1, (mobil Formula E) levelnya cukup dengan jalan raya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.