Operasi Ketupat 2022, Angka Kecelakaan Turun 31 Persen

Kompas.com - 09/05/2022, 15:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Angka kecelakaan pada operasi ketupat 2022 mengalami penurunan dibandingkankan dengan operasi yang sama pada tahun 2019.

Hal ini diungkapkan oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi.

“Penurunan itu terjadi sebanyak 31 persen. Ini yang kami harapkan operasi lancar, bisa bersilaturahmi, kecelakaan turun, fasilitas turun, dan moga-moga Covid-nya juga tidak dibawa pulang kembali ke Jakarta,” ucap Firman dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (9/5/2022).

Menurut Firman, pencapaian ini merupakan wujud kerjasama antara pihak kepolisian dengan masyarakat.

Baca juga: Skema One Way dan Contraflow Mudik Lebaran Berakhir Hari Ini

“Suksesnya operasi ini karena peran serta seluruh masyarakat yang memberikan masukan kepada kami selama melayani kegiatan operasi ini,” kata dia.

Pos Pengamanan Operasi Ketupat Jaya 2021 di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara sudah beroperasi sebagai antisipasi pelanggaran mudik, Kamis (6/5/2021)KOMPAS.COM/ IRA GITA Pos Pengamanan Operasi Ketupat Jaya 2021 di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara sudah beroperasi sebagai antisipasi pelanggaran mudik, Kamis (6/5/2021)

Firman melanjutkan, pihaknya juga telah berupaya optimal untuk melakukan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2022. Namun, proses evaluasi tetap berlangsung untuk meningkatkan kinerja kepolisian.

“Tentunya masih ada catatan-catatan yang akan kita jadikan evaluasi ke depan,” katanya.

Baca juga: Cara Mengatasi Rem Blong pada Sepeda Motor

Sebagai informasi, Polri menggelar operasi ketupat pada Kamis 28 April hingga Senin 9 Mei 2022 guna mengantisipasi kemacetan dan memberikan pengamanan saat musim mudik dan arus balik Lebaran 2022.

Operasi ketupat tahun ini setidaknya melibatkan 144.392 orang personel. Tak hanya itu, polri juga menyiapkan pos pengamanan dan pelayanan terpadu yang mencakup gerai vaksinasi Covid-19 bagi para calon pemudik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.