Kompas.com - 29/04/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -Tidak ada pembatasan jenis kendaraan yang melintas di Jalur Pantai Utara (Pantura) selama berlangsungnya arus mudik Lebaran 2022. Artinya, kendaraan besar bisa melintas di jalur ini.

Ketentuan ini diberlakukan oleh Pemerintah Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Kebijakan diambil setelah adanya kesepakatan antara Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopminda) Rembang.

"Jadi kendaraan besar sudah tidak ada pembatasan, kecuali dalam kondisi tertentu mungkin, tapi secara umum dari Korlantas tidak ada pembatasan seperti 3 atau 4 tahun yang lalu," ucap Bupati Rembang Abdul Hafidz seperti dikutip Kompas Regional, Kamis (28/4/2022).

Baca juga: Update Arus Mudik, One Way Dilakukan dari Km 70 GT Cikampek Utama

Kemudian, pemudik dari arah barat yang kemudian melewati Tol Kalikangkung sudah ada penguraian, sehingga kemacetan yang terjadi diprediksi tidak akan parah.

Jika terjadi kemacetan, sudah disiapkan jalur-jalur alternatif dengan kondisi jalan yang diklaim sudah baik.

"Banyak jalur alternatifnya. Mulai Sarang-Lodan, Kragan-Sedan, Pandangan-Sedan, Pamotan ke Gunem," ucap Abdul.

Kondisi jalur pantura di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, pada Kamis (28/4/2022) malamKOMPAS.COM/ARIA RUSTA YULI PRADANA Kondisi jalur pantura di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, pada Kamis (28/4/2022) malam

Baca juga: Daftar Nomor Telepon Penting Saat Mengalami Kondisi Darurat di Jalan Tol

Empat posko pengamanan juga telah disiapkan di perbatasan Rembang dengan kabupaten sekitar, tersedia sampai H+10 Lebaran.

Selain itu, Kapolres Rembang Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Dandy Ario Yustiawan menjelaskan bahwa anggotanya akan melakukan patroli sepanjang arus jalan, untuk melancarkan lalu lintas jika terjadi penumpukan di jalur pantura Rembang.

Ratusan personel gabungan diterjunkan dalam Operasi Ketupat Candi 2022, agar arus mudik dan arus balik bisa berjalan lancar.

"Total yang kita libatkan gabungan TNI-Polri dan Pemda kurang lebih 500 personel gabungan," ucap Dandy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.