Kompas.com - 29/04/2022, 11:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, menginformasikan bila mulai pukul 11.00 WIB sejumlah rekayasa lalu lintas kembali diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) ke arah Cikampek.

Selain one way, ada rekayasa lalu lintas lain yang juga diterapkan sebagai mitigasi meningkatnya arus mudik Lebaran kendaraan pribadi dengan rincian sebagai berikut :

1. Contraflow berlaku dari Km 47 sampai Km 70 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Japek pukul 10.13 WIB.

Baca juga: Lengkap, Ini Rincian Tarif Tol Mudik Jakarta-Surabaya

2. One Way arus mudik berlaku dari Km 70 GT Cikampek Utama Jalan Tol Japek sampai Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sejak pukul 10.13 WIB.

3. Penutupan kembali akses menuju jalur fungsional Sadang sampai Kutanegara Jalan Tol Japek II Selatan.

Contraflow di Tol JapekJASA MARGA Contraflow di Tol Japek

"Saat ini lalu lintas dari arah Bandung via Jalan Tol Cipularang sudah dapat masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta sejak pukul 10.40 WIB," ujar Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, dalam keterangan resminya, Jumat (29/4/2022).

Sebelumnya diprediksi bila hari ini menjadi puncak arus mudik di empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Heru mengatakan, prediksi yang meninggalkan Jabotabek melalui empat gerbang tersebut sekitar 264.000 kendaraan, naik 26 persen terhadap puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri pada 2019.

Baca juga: Update, One Way Tol Japek-Kalikangkung Ditutup Pukul 08.30 WIB


"Sementara untuk prediksi lalu lintas di GT Cikampek Utama hari ini, kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah timur (Trans Jawa) mencapai 131.520 kendaraan, naik 233 persen dibanding periode normal November 2021 sebesar 39.554 kendaraan," ujar Heru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.