Kompas.com - 29/04/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama arus mudik dan libur Lebaran 2022 ini, pemudik dan wisatawan yang akan berkendara lewat Kabupaten Malang, Jawa Timur perlu hati-hati saat melewati beberapa ruas jalan yang mengalami kerusakan.

Kerusakan terparah akses jalan sepanjang 1 kilometer, yang berstatus jalan provinsi, adalah di kawasan Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Jalan ini merupakan ruas jalan yang mengarah ke Pantai Balekambang, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Hal ini turut dikeluhkan oleh Pelaksana Tugas Perusahaan Daerah (Perumda) Jasa Yasa, Husnul Hakim.

Baca juga: Arus Mudik ke NTB Mulai Banyak, 1.310 Kendaraan Masuk Pulau Lombok

Ia berharap, pemerintah bersedia membantu untuk menambal beberapa jalan yang berlubang menuju Pantai Balekambang sebelum Lebaran Idul Fitri.

"Paling tidak ditambal lubang-lubang parah saja, agar tidak terlalu parah untuk dilalui wisatawan. Sebab kalau dibenahi secara maksimal kayaknya tidak memungkinkan, karena sudah mendekati Lebaran," ucap Husnul seperti dikutip Kompas Regional, Kamis (28/4/2022).

Beberapa titik jalan rusak yang perlu diperhatikan pemudik, di antaranya adalah:

  1. Ruas jalan menuju pantai Balekambang, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang
  2. Jalan lintas barat (Jalinbar), Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang
  3. Jalan Ir. Soekarno

Kapolres Malang saat mengecek kesiapan wisata Pantai Balekambang, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (27/4/2022).KOMPAS.COM/Imron Hakiki Kapolres Malang saat mengecek kesiapan wisata Pantai Balekambang, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (27/4/2022).

Kerusakan jalan ini juga seringkali menjadi salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang Romdhoni menjelaskan, telah ada anggaran yang disiapkan untuk perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Malang.

"Sudah dilelang. Tahun ini jika prosesnya bulan April ini sudah dimulai pengerjaan," ucap Romdhoni.

Baca juga: Daftar Nomor Telepon Penting Saat Mengalami Kondisi Darurat di Jalan Tol

Faktor cuaca yang tidak menentu saat ini, menurut Romdhoni akan mempengaruhi proses pengerjaan.

"Maka agar efektif, pengerjaan perbaikan jalan di sejumlah titik yang berdekatan akan dilakukan bersamaan," ucap Romdhoni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.