Kompas.com - 29/04/2022, 11:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah kawasan di Cianjur, Jawa Barat diprediksi akan terkena imbas penerapan sistem one way di ruas Tol Jakarta Cikampek sampai dengan Gerbang Tol (GT) Kalikangkung selama arus mudik Lebaran tahun ini.

Akibat one way, kendaraan yang akan menuju arah Jakarta dan sekitarnya dipastikan akan melintasi jalan non-tol, salah satunya adalah Cianjur.

Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Cianjur M Iqbal Safarudin menjelaskan, ada setidaknya tujuh titik kemacetan di ruas jalur arteri Cianjur, termasuk di kawasan taman kota, di depan kantor dishub.

Baca juga: Empat Faktor yang Wajib Perhatikan Saat Mudik Melalui Trans-Jawa

Selain peningkatan jumlah kendaraan, Iqbal menyebut bahwa kemacetan juga disebabkan oleh tingginya aktivitas masyarakat dan pengguna jalan di area tersebut.

"Titik kemacetan berpusat di pertemuan jalur atau saat peralihan kendaraan dari jalur minor ke mayor," ucap Iqbal kepada Kompas.com, Kamis (29/4/2022).

Untuk mengantisipasi kemacetan dan penumpukan kendaraan di ruas arteri, Iqbal menjelaskan pihaknya bersama Polres Cianjur dan jajarannya telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif, yaitu ruas Selajambe Sukaluyu, Transyogi dan Hanjawar Pacet. Ribuan personel gabungan juga disiagakan di sejumlah pos arus mudik yang telah didirikan.

Sejumlah kendaraan mengular di jalur lingkar tengah Cianjur, Jawa Barat, pada musim mudik lebaran 2022.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sejumlah kendaraan mengular di jalur lingkar tengah Cianjur, Jawa Barat, pada musim mudik lebaran 2022.

Baca juga: Daftar Nomor Telepon Penting Saat Mengalami Kondisi Darurat di Jalan Tol

"Kendaraan dari Bandung yang hendak menuju Jabodetabek diarahkan ke transyogi mulai dari tugu Kuda Kosong Sukaluyu. Untuk tujuan kota dan Sukabumi kita pandu masuk jalur alternatif Selajambe mulai dari simpang Tungturunan," ucap Iqbal.

Berikut ini tujuh titik kemacetan di sepanjang ruas jalan arteri Cianjur selama arus mudik:

  1. Kawasan Pasar Ciranjang
  2. Simpang Tungturunan Sukaluyu
  3. Tugu Lampu Gentur
  4. Pertigaan Beunying Cipanas
  5. Kawasan Taman Kota
  6. Simpang Bojong
  7. Tugu Pramuka
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.