Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Satlantas Polres Metro Bekasi Kota menyiapkan dua rekayasa lalu lintas di Kota Bekasi guna menghadapi lonjakan pemudik pada masa Lebaran tahun ini, yang berlangsung mulai 28 April 2022 hingga 8 Mei 2022.

Diungkapkan Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hengki, sedikitnya ada dua titik jalan di Kota Bekasi yang bakal diterapkan rekayasa lalin apabila pemudik melonjak drastis.

"Yaitu, di Harapan Indah dan Kalimalang. Tetapi situasional, ketika terjadi kepadatan nanti petugas lalu lintas kami sudah paham," katanya, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Strategi Nyetir Agar Tidak Lemas dan Ngantuk Saat Mudik

Ilustrasi lalu lintas Jalan Kapten Muslihat, Bogor, Jawa Barat, yang dipenuhi Angkutan Kota (Angkot).ANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH Ilustrasi lalu lintas Jalan Kapten Muslihat, Bogor, Jawa Barat, yang dipenuhi Angkutan Kota (Angkot).

Hengki menjelaskan salah satu rekayasa lalu lintas, yakni pemudik dari arah Jakarta yang melintas di Jalan KH. Noer Alie Kalimalang, saat tiba di perempatan BCP bakal diarahkan lurus ke Jalan M Hasibuan.

Pada jalur terkait, pengendara sebelumnya tidak diperbolehkan lurus dan harus belok kiri ke Jalan Jenderal Ahmad Yani.

Selanjutnya, pada titik Harapan Indah, pemudik dari arah Jakarta di Jalan Sri Sultan Hamengkubuwono IX bakal diarahkan belok kiri berputar balik di bundaran Harapan Indah.

"Kami putar ke kiri dari Jakarta di Harapan Indah, di bundaran Harapan indah. Supaya jalurnya lebih panjang dan menghindari kemacetan yang luar biasa," ujar Hengki.

Baca juga: Anjuran Suhu AC Mobil yang Tepat Saat Mudik, Jangan Asal Dingin

Ilustrasi mudik dengan mobil pribadikompasiana.com Ilustrasi mudik dengan mobil pribadi

Sejauh ini, lanjut dia lagi, pemudik masih terpantau minim yang melintas di wilayah Kota Bekasi. Namun, diprediksi akan berangsur ramai seiring memasuki periode puncak arus mudik di 28-29 April 2022.

"Belum ada (ramai pemudik) ya, kalau beberapa hari yang lalu ada yang sebagian mendahului mudik dan puncaknya kami prediksi tanggal 28-29 April," kata dia lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.