Kompas.com - 27/04/2022, 03:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Para pemudik mulai memenuhi jalan arteri di kawasan Bekasi, Jawa Barat. Demi memperlancar arus mudik, kepolisian setempat sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas dengan skema one way atau satu arah.

Rencananya, Polres Metro Bekasi Kota akan menerapkan sistem one way di Jalan M. Hasibuan, Kota Bekasi. Terutama, apabila terjadi kepadatan kendaraan dari Jakarta di Jalan KH Noer Ali, Kalimalang.

Kanit Turjawali Polres Metro Bekasi Kota AKP Ganda Siburian mengatakan, skema tersebut disiapkan untuk mencegah penumpukan kendaraan di Kota Bekasi, yang merupakan jalur arteri untuk mudik lebaran.

Baca juga: Bus AKAP Baru PO New Shantika, Kaca Tunggal dan Sekat Los

Volume kendaraan yang terlihat masih didominasi oleh pengendara sepeda motor dan kendaraan roda empat berjenis minibus di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Selasa (26/4/2022). Diperkirakan, jalan di Kota Bekasi akan dipenuhi para pemudik pada tanggal 27-28 April 2022 tepat ketika puncak arus mudik tiba. Joy Andre T Volume kendaraan yang terlihat masih didominasi oleh pengendara sepeda motor dan kendaraan roda empat berjenis minibus di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Selasa (26/4/2022). Diperkirakan, jalan di Kota Bekasi akan dipenuhi para pemudik pada tanggal 27-28 April 2022 tepat ketika puncak arus mudik tiba.

“Betul (one way), nanti kita lihat eskalasi lalu lintas dari Jalan KH Noer Ali ya. Kalau memang dari Kalimalang cukup meriah, nanti kita bikin one way arah ke Jalan Hasibuan,” ujar Ganda, dilansir dari NTMC Polri (27/4/2022).

Saat ini, para pengedara dari arah Jakarta yang ingin ke arah timur harus belok ke kanan atau kiri di Jalan Ahmad Yani.

Dengan kata lain, mereka tidak bisa melintas ke Jalan M Hasibuan karena telah diberlakukan satu arah ke arah berlawanan.

Baca juga: Mengenang Malapetaka Macet pada Tragedi Brebes Exit Toll

Oleh karena itu, rekayasa lalu lintas yang dilakukan polisi nantinya akan membuat pengendara dari arah Jalan Kalimalang langsung lurus menuju jalan M Hasibuan.

“Itu situasional, kalau sekarang dalam pantauan saya di sana, jalur Kalimalang masih landai,” ucap Ganda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.