Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Penyebab Remote "Keyless Entry" Mobil Bermasalah

Kompas.com - 13/02/2019, 13:32 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil keluaran terbaru yang sudah dilengkapi dengan fitur keyless entry, pasti dilengkapi dengan remote untuk membuka dan mengunci pintu. Terkadang, di beberapa tempat mengalami masalah seperti tidak berfungsi, dan lain sebagainya.

Ingat, bukan berarti remote tersebut rusak karena banyak faktor yang perlu diketahui. Paling sering, remote bermasalah karena secara sinyal terganggu.

Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, apabila remote terkena gangguan frekuensi pemancar radio atau BTS sudah pasti akan lebih sulit membuka dan mengunci pintu.

"Jadi bukan karena remotenya yang bermasalah, tetapi di sekitar terganggu oleh sinyal, maka pintu mobil tetap bisa dikunci atau dibuka, hanya saja lebih lama," kata Sapta belum lama ini kepada Kompas.com di Jakarta.

Baca juga: Hape Sebagai “Remote” Mobil

Sapta melanjutkan, faktor lain bisa juga disebabkan oleh baterai di dalam remote tersebut sudah lemah, sehingga kinerjanya menjadi tidak optimal. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan juga usia baterai atau pemakaiannya.

"Kalau belum sempat mengganti baterai, yang star/stop engine tetap bisa menyalakan mesin. Caranya mendekatkan atau menempelkan remote ke tombol start/stop hingga lampu berwarna hijau. Selanjutnya injak pedal rem dan tekan tombol tersebut sampai mesin menyala," kata Sapta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com