Daftar Kendaraan yang Bebas Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 26/04/2022, 16:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak semua kendaraan terkena kebijakan pembatasan mobilitas dengan skema ganjil genap di jalan tol selama periode mudik Lebaran tahun ini, yang dimulai pada 28 April 2022 hingga 8 Mei 2022.

Dikatakan Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedy, ada 9 jenis kendaraan yang terbebas dari rekayasa lalu lintas tersebut supaya menjaga kepentingan bersama.

Beberapa di antaranya, angkutan umum berpelat nomor kuning, warga yang berdomisili di sekitar ruas jalan dengan penerapan gage, sampai ambulans dan kendaraan pengangkut logistik.

Baca juga: Jadwal Ganjil Genap dan One Way di Tol Trans Jawa Saat Mudik Lebaran 2022

Ilustrasi kendaraan listrik.(Dok. Shutterstock/ BigPixel Photo) Ilustrasi kendaraan listrik.

"Angkutan umum boleh, sama seperti kendaraan listrik. Silahkan untuk melewati ganjil genap," katanya kepada Kompas.com, Senin (25/4/2022).

Namun, berbeda dari aturan di jalan biasa di DKI Jakarta, bila pengemudi kedapatan melanggar ganjil genap di jalan tol tak akan ditilang melainkan diarahkan ke pintu keluar.

Skema ini digunakan kepolisian sebagai upaya mengurai kepadatan di jalan tol menjelang dan sesudah periode mudik Lebaran 2022.

Terlepas dari itu kepolisian telah mengelompokkan kendaraan apa saja boleh melintas tanpa kena aturan ganjil genap.

"Kita mengajak masyarakat untuk tidak melanggar. Yang tidak sesuai (gage), silahkan melalui jalan arteri nanti diarahkan anggota," kata dia.

Baca juga: Mobil Ditinggal Mudik, Apakah Perlu Cabut Aki?

Ilustrasi lalu lintas Jalan Kapten Muslihat, Bogor, Jawa Barat, yang dipenuhi Angkutan Kota (Angkot).ANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH Ilustrasi lalu lintas Jalan Kapten Muslihat, Bogor, Jawa Barat, yang dipenuhi Angkutan Kota (Angkot).

Mengutip akun Instagram resmi TMC Polda Metro Jaya, kendaraan yang bebas ganjil genap sebagai berikut:

1. Kendaraan pimpinan lembaga negara

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.