Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Ditinggal Mudik, Apakah Perlu Cabut Aki?

Kompas.com - 26/04/2022, 09:02 WIB
Zulfana Khoirur Rijal,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi masyarakat yang akan mudik namun tak menggunakan mobil, baiknya jangan asal meninggalkan begitu saja.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mengingat mobil akan dibiarkan cukup lama di dalam garasi. Salah satunya komponen aki.

Sampai saat ini tak sedikit yang beranggapan, jika mobil tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu, atau lebih dari satu minggu lebih baik aki dicabut.

Baca juga: Harga Lengkap Aki Mobil per April 2022

Tetapi ada pula yang berpandangan mencabut aki bisa merusak bagian mesin terutama pada mesin injeksi.

Cek oli mesin mobilCakra Motor 11 Cek oli mesin mobil

 

Lantas bagaimana seharusnya?

Menjawab hal ini, sebelumnya Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, jika mobil ditinggal dalam waktu yang lama hingga berhari-hari, baiknya aki dicabut.

“Aki dicabut ini untuk menjaga agar kondisi aki tepat terjaga dan tidak soak atau rusak saat digunakan,” kata Bambang kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cara Rawat Aki Mobil Sendiri saat Akhir Pekan

Bambang menambahkan, jika aki tidak dilepas saat mobil ditinggal dalam waktu yang lama, maka daya arus aki bisa berkurang.

Hal ini disebabkan karena meskipun mesin mobil mati, tetapi beberapa komponen tetap membutuhkan arus kelistrikan.

“Kalau tidak dilepas, akinya akan derdischarge untuk beberapa komponen. Seperti alarm, jam, hambatan kabel dan dark current. Jadi kalau dicabut maka tidak akan ada beban sama sekali,” ujarnya.

Namun Bambang juga mengatakan, jika mobil ditinggal dalam jangka waktu kurang dari satu minggu masih aman dan tidak perlu dilepas.

Hal yang sama diungkapkan Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, yang menjelaskan jika mobil akan ditinggal pergi lebih baik kabel aki dilepas.

Baca juga: 5 Cara Menghindari Potensi Kecelakaan Saat Mudik Menggunakan Mobil

Ilustrasi perbaikan mobil di bengkel Auto2000Dok. Auto2000 Ilustrasi perbaikan mobil di bengkel Auto2000

“Kalau mobil ditinggal dan tidak digunakan sementara aki masih tersambung maka lambat laun akinya juga akan soal. Hal ini karena meski mobil tidak digunakan tetap saja arus aki terpakai,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com